PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA SMART APP CREATOR BERBASIS ANDROID DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD TERHADAP HASIL DAN MINAT BELAJAR SISWA PADA MATERI STRUKTUR ATOM DAN SISTEM PERIODIK UNSUR

Safera, Faiza Amalia (2024) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA SMART APP CREATOR BERBASIS ANDROID DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD TERHADAP HASIL DAN MINAT BELAJAR SISWA PADA MATERI STRUKTUR ATOM DAN SISTEM PERIODIK UNSUR. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 4203331034_Cover.pdf] Text
4203331034_Cover.pdf

Download (13kB)
[thumbnail of 4203331034_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
4203331034_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (153kB)
[thumbnail of 4203331034_Abstrak.pdf] Text
4203331034_Abstrak.pdf

Download (77kB)
[thumbnail of 4203331034_Kata_Pengantar.pdf] Text
4203331034_Kata_Pengantar.pdf

Download (146kB)
[thumbnail of 4203331034_Daftar_Isi.pdf] Text
4203331034_Daftar_Isi.pdf

Download (136kB)
[thumbnail of 4203331034_Daftar_Gambar.pdf] Text
4203331034_Daftar_Gambar.pdf

Download (29kB)
[thumbnail of 4203331034_Daftar_Tabel.pdf] Text
4203331034_Daftar_Tabel.pdf

Download (93kB)
[thumbnail of 4203331034_Daftar_Lampiran.pdf] Text
4203331034_Daftar_Lampiran.pdf

Download (70kB)
[thumbnail of 4203331034_BAB_I.pdf] Text
4203331034_BAB_I.pdf

Download (80kB)
[thumbnail of 4203331034_BAB_V.pdf] Text
4203331034_BAB_V.pdf

Download (74kB)
[thumbnail of 4203331034_Daftar_Pustaka.pdf] Text
4203331034_Daftar_Pustaka.pdf

Download (84kB)

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media Smart App Creator berbasis Android dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap hasil belajar dan minat siswa pada materi struktur atom dan sistem periodik unsur di kelas X. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik random sampling. Penelitian ini mengambil sampel yang terdiri dari dua kelas yaitu kelas eksperimen 1 dan kelas eksperimen 2. Instrumen yang digunakan berupa tes pilihan ganda dan instrumen non tes berupa lembar angket minat belajar. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan program komputer SPSS 23 for Windows dengan menggunakan Uji Independen. Untuk hipotesis I menunjukkan hipotesis diterima, Ha diterima, dan H0 ditolak, karena data pre-test dan post-test mempunyai Sig (2-tailed) yaitu 0,005 yang menunjukkan bahwa nilai sig ≤ ( 0,05) sudah sesuai dengan kriteria pengujian dan hasil belajar siswa pada materi Struktur Atom dan Sistem Periodik Unsur telah terpengaruh. Untuk hipotesis II, data minat belajar sig (2-tailed) kelas II sebesar 0,007, sesuai dengan hasil uji hipotesis menggunakan uji t independen. Sesuai dengan kriteria pengujian Ha diterima dan H0 ditolak jika data ≤ 0,05 yang berarti hipotesis diterima setelah pembelajaran terdapat media Smart App Creator berbasis Android terhadap minat belajar siswa. Uji hipotesis ketiga atau uji korelasi minat belajar siswa dengan hasil belajar menggunakan uji korelasi Pearson dengan signifikansi < α (0,05). Hasilnya menunjukkan signifikansi data kurang dari 0,05 (0,038). Hasil penelitian menunjukkan Ha diterima dan H0 ditolak, menunjukkan terdapat hubungan yang signifikan antara minat belajar siswa dengan hasil belajar menggunakan media Smart App Creator berbasis Android yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada materi struktur atom dan sistem periodik unsur.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Smart App Creator, Kooperatif Tipe STAD, Hasil Belajar, Minat Belajar.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QD Chemistry > QD450 Physical and theoretical chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 24 Feb 2025 08:47
Last Modified: 24 Feb 2025 08:47
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/60067

Actions (login required)

View Item
View Item