Simangunsong, Herman (2015) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN PRAKTEK BATU BETON PADA SISWA KELAS XI PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK KONSTRUKSI BATU DAN BETON SMK NEGERI 1 MERDEKA BERASTAGI TAHUN AJARAN 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
01. 5103111020 Herman Simangunsong Cover.pdf - Published Version
Download (65kB) | Preview
02. 5103111020 Herman Simangunsong Pengesahan.pdf - Published Version
Download (415kB) | Preview
03. 5103111020 Herman Simangunsong Abstrak.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
04. 510111020 Herman Simangunsong Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (266kB) | Preview
05. 5103111020 Herman Simangunsong Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (195kB) | Preview
06. 5103111020 Herman Simangunsong Daftar Tabel.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
07. 5103111020 Herman Simangunsong Daftar Gambar.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
08. 5103111020 Herman Simangunsong BAB I.pdf - Published Version
Download (603kB) | Preview
12. 5103111020 Herman Simangunsong BAB V.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
13. 5103111020 Herman Simangunsong Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (36kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar mata pelajaran Praktek Batu Beton melalui Penerapan Model Pembelajaraan Berbasis Proyek pada siswa kelas XI Program Keahlian Teknik Konstruksi Batu dan Beton SMK Negeri 1 Merdeka Berastagi.
Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI Program Keahlian Teknik Kontruksi Batu dan Beton SMK Negeri 1 Merdeka Berastagi Tahun Ajaran 2014/2015 dengan jumlah siswa sebanyak 23 siswa, Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan penilaian hasil belajar dan aktivitas yang bertujuan untuk mengetahui rata-rata keaktifan siswa dan hasil belajar siswa pada saat penelitian dilaksanakan.
Berdasarkan hasil evaluasi proses kriteria keberhasilan yang telah ditetapkan dalam penelitian ini, terjadi peningkatan aktivitas belajar siswa pada setiap siklus dari siklus pertama skor aktivitas siswa rata-rata 65,55 % meningkat menjadi 86,73 % pada siklus ke dua. Selanjutnya peningkatan hasil belajar siswa juga terjadi, pada siklus pertama dengan rata-rata 70,37 % meningkat menjadi 90,10% pada siklus kedua.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan, bahwa dengan melakukan pembelajaran bermakna dengan penerapan Model Pembelajaran Berbasis Proyek dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa dan hasil belajar siswa yang signifikan pada mata pelajaran Praktek Batu Beton pada Siswa Kelas XI Program Keahlian Teknik Konstruksi Batu dan Beton SMK Negeri 1 Merdeka Berastagi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 BAN 025 |
Keywords: | Hasil Balajar; Beton; Motorik |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools T Technology > TH Building construction |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 27 Jun 2016 04:44 |
Last Modified: | 27 Jun 2016 04:44 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/6006 |