ANALISIS KOMPETENSI ANDRAGOGI TUTOR PENDIDIKAN KESETARAAN DALAM PEMBELAJARAN DI SANGGAR KEGIATAN BELAJAR (SKB) DI KOTA MEDAN

Nst, Sofwatun Nabilah (2024) ANALISIS KOMPETENSI ANDRAGOGI TUTOR PENDIDIKAN KESETARAAN DALAM PEMBELAJARAN DI SANGGAR KEGIATAN BELAJAR (SKB) DI KOTA MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1202471015_Cover.pdf] Text
1202471015_Cover.pdf

Download (59kB)
[thumbnail of 1202471015_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
1202471015_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (412kB)
[thumbnail of 1202471015_Abstrak.pdf] Text
1202471015_Abstrak.pdf

Download (241kB)
[thumbnail of 1202471015_Kata_Pengantar.pdf] Text
1202471015_Kata_Pengantar.pdf

Download (308kB)
[thumbnail of 1202471015_Daftar_Isi.pdf] Text
1202471015_Daftar_Isi.pdf

Download (222kB)
[thumbnail of 1202471015_Daftar_Gambar.pdf] Text
1202471015_Daftar_Gambar.pdf

Download (190kB)
[thumbnail of 1202471015_Daftar_Tabel.pdf] Text
1202471015_Daftar_Tabel.pdf

Download (190kB)
[thumbnail of 1202471015_Daftar_Lampiran.pdf] Text
1202471015_Daftar_Lampiran.pdf

Download (190kB)
[thumbnail of 1202471015_BAB_I.pdf] Text
1202471015_BAB_I.pdf

Download (515kB)
[thumbnail of 1202471015_BAB_V.pdf] Text
1202471015_BAB_V.pdf

Download (151kB)
[thumbnail of 1202471015_Daftar_Pustaka.pdf] Text
1202471015_Daftar_Pustaka.pdf

Download (250kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kompetensi tutor pendidikan kesetaraan di Sanggar Kegiatan Belajar Masyarakat (SKB) Kota Medan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian berjumlah 3 orang yaitu tutor pada program kesetaraan. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yaitu reduksi data, penyajian data dsn penarikan kesimpulan. Keabsahan penelitian meliputi triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil peneitian menunjukkan bahwa tutor telah menunjukkan upaya yang signifikan dalam memahami karakteristik dan kebutuhan peserta didik dengan mendekati mereka secara langsung dan mengidentifikasi kebiasaan serta kebutuhan individu. Penguasaan prinsip pendidikan juga terlihat melalui upaya tutor untuk mengintegrasikan prinsip-prinsip pendidikan dalam pembelajaran dengan menciptakan suasana kelas yang aktif dan menarik. Dalam hal pengembangan kurikulum, tutor berkolaborasi dengan pihak eksternal untuk memastikan relevansi dan efektivitas kurikulum sesuai dengan kebutuhan siswa, dengan memperhatikan prinsip-prinsip dasar seperti relevansi dan efisiensi. Strategi pembelajaran yang diterapkan, termasuk metode diskusi dan penggunaan bahasa sederhana, berhasil meningkatkan pemahaman peserta didik. Selain itu, tutor mampu menciptakan situasi pembelajaran yang interaktif, menyenangkan, dan menantang. Penguasaan media pembelajaran konvensional sudah baik, tetapi pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) bervariasi, dengan beberapa tutor menghadapi kendala teknis dan infrastruktur. Terakhir, penilaian dilakukan menggunakan berbagai alat, baik tes maupun non-tes, untuk memastikan hasil belajar yang adil dan objektif.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Kompetensi Andragogi Tutor
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LA History of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: Muhammad Khomaini Wahyudi
Date Deposited: 21 Jul 2025 08:30
Last Modified: 21 Jul 2025 08:30
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/60053

Actions (login required)

View Item
View Item