EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING DAN LEARNING CYCLE 5E TERINTEGRASI VIRTUAL LAB TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATERI ASAM BASA

br Siallagan, Elisabeth (2024) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING DAN LEARNING CYCLE 5E TERINTEGRASI VIRTUAL LAB TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATERI ASAM BASA. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 4202431004_Cover.pdf] Text
4202431004_Cover.pdf

Download (112kB)
[thumbnail of 4202431004_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
4202431004_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (252kB)
[thumbnail of 4202431004_Abstrak.pdf] Text
4202431004_Abstrak.pdf

Download (236kB)
[thumbnail of 4202431004_Kata_Pengantar.pdf] Text
4202431004_Kata_Pengantar.pdf

Download (109kB)
[thumbnail of 4202431004_Daftar_Isi.pdf] Text
4202431004_Daftar_Isi.pdf

Download (231kB)
[thumbnail of 4202431004_Daftar_Gambar.pdf] Text
4202431004_Daftar_Gambar.pdf

Download (216kB)
[thumbnail of 4202431004_Daftar_Tabel.pdf] Text
4202431004_Daftar_Tabel.pdf

Download (221kB)
[thumbnail of 4202431004_Daftar_Lampiran.pdf] Text
4202431004_Daftar_Lampiran.pdf

Download (226kB)
[thumbnail of 4202431004_BAB_I.pdf] Text
4202431004_BAB_I.pdf

Download (215kB)
[thumbnail of 4202431004_BAB_V.pdf] Text
4202431004_BAB_V.pdf

Download (123kB)
[thumbnail of 4202431004_Daftar_Pustaka.pdf] Text
4202431004_Daftar_Pustaka.pdf

Download (196kB)

Abstract

Studi ini dilakukan untuk menentukan keefektifan dari model pembelajaran Discovery Learning dan Learning Cycle 5E beserta melihat perbedaan hasil belajar dari kedua model tersebut. Populasi pada penelitian ini adalah peserta didik kelas XI IPA di SMAN 17 medan dan sampelnya adalah kelas XI IPA 4 sebagai kelas eksperimen 1 dan XI IPA 3 sebagai kelas eksperimen 2. Data yang diambil dalam penelitian ini adalah data hasil belajar yang diperoleh dari nilai pre-stest dan post-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model Discovery Learning efektif dalam meningkatkan hasil belajar yang dibuktikan dengan nilai rata-rata N-gain sebesar 0,759 dengan kategori tinggi, model Learning Cycle 5E efektif dalam meningkatkan hasil belajar yang dibuktikan dengan nilai rata-rata N-gain sebesar 0,751 dengan kategori tinggi dan terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar peserta didik yang dibelajarkan dengan model Discovery Learning dan Learning Cycle 5E terintegrasi Virtual Lab pada materi asam basa yang dibuktikan dengan melakukan uji Independent Sample T-test sehingga diperoleh output nilai sig 0,011<0,05.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Hasil Belajar, Efektivitas, Discovery Learning, Learning Cycle 5E, Virtual Lab, Asam Basa.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QD Chemistry > QD450 Physical and theoretical chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 24 Feb 2025 06:50
Last Modified: 24 Feb 2025 06:50
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/60047

Actions (login required)

View Item
View Item