Siallagan, Elisabeth Br. (2024) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING DAN LEARNING CYCLE 5E TERINTEGRASI VIRTUAL LAB TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATERI ASAM BASA. Undergraduate thesis, UNIMED.
4202431004_Cover.pdf
Download (112kB)
4202431004_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (252kB)
4202431004_Abstrak.pdf
Download (236kB)
4202431004_Kata_Pengantar.pdf
Download (109kB)
4202431004_Daftar_Isi.pdf
Download (231kB)
4202431004_Daftar_Gambar.pdf
Download (216kB)
4202431004_Daftar_Tabel.pdf
Download (221kB)
4202431004_Daftar_Lampiran.pdf
Download (226kB)
4202431004_BAB_I.pdf
Download (215kB)
4202431004_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (464kB)
4202431004_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (467kB)
4202431004_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (275kB)
4202431004_BAB_V.pdf
Download (123kB)
4202431004_Daftar_Pustaka.pdf
Download (196kB)
4202431004_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
Abstract
Studi ini dilakukan untuk menentukan keefektifan dari model pembelajaran Discovery Learning dan Learning Cycle 5E beserta melihat perbedaan hasil belajar dari kedua model tersebut. Populasi pada penelitian ini adalah peserta didik kelas XI IPA di SMAN 17 medan dan sampelnya adalah kelas XI IPA 4 sebagai kelas eksperimen 1 dan XI IPA 3 sebagai kelas eksperimen 2. Data yang diambil dalam penelitian ini adalah data hasil belajar yang diperoleh dari nilai pre-stest dan post-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model Discovery Learning efektif dalam meningkatkan hasil belajar yang dibuktikan dengan nilai rata-rata N-gain sebesar 0,759 dengan kategori tinggi, model Learning Cycle 5E efektif dalam meningkatkan hasil belajar yang dibuktikan dengan nilai rata-rata N-gain sebesar 0,751 dengan kategori tinggi dan terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar peserta didik yang dibelajarkan dengan model Discovery Learning dan Learning Cycle 5E terintegrasi Virtual Lab pada materi asam basa yang dibuktikan dengan melakukan uji Independent Sample T-test sehingga diperoleh output nilai sig 0,011<0,05.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | Hasil Belajar, Efektivitas, Discovery Learning, Learning Cycle 5E, Virtual Lab, Asam Basa. |
| Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QD Chemistry > QD450 Physical and theoretical chemistry |
| Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
| Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
| Date Deposited: | 24 Feb 2025 06:50 |
| Last Modified: | 13 Jun 2025 09:03 |
| URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/60047 |
