PERBEDAAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN PENERAPAN PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA REAL LAB DAN VIRTUAL LAB PADA MATERI HIDROLISIS GARAM

Hutabarat, Dina Asima (2024) PERBEDAAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN PENERAPAN PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA REAL LAB DAN VIRTUAL LAB PADA MATERI HIDROLISIS GARAM. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 4203131009_Cover.pdf] Text
4203131009_Cover.pdf

Download (13kB)
[thumbnail of 4203131009_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
4203131009_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (208kB)
[thumbnail of 4203131009_Abstrak.pdf] Text
4203131009_Abstrak.pdf

Download (183kB)
[thumbnail of 4203131009_Kata_Pengantar.pdf] Text
4203131009_Kata_Pengantar.pdf

Download (787kB)
[thumbnail of 4203131009_Daftar_Isi.pdf] Text
4203131009_Daftar_Isi.pdf

Download (803kB)
[thumbnail of 4203131009_Daftar_Gambar.pdf] Text
4203131009_Daftar_Gambar.pdf

Download (148kB)
[thumbnail of 4203131009_Daftar_Tabel.pdf] Text
4203131009_Daftar_Tabel.pdf

Download (157kB)
[thumbnail of 4203131009_Daftar_Lampiran.pdf] Text
4203131009_Daftar_Lampiran.pdf

Download (396kB)
[thumbnail of 4203131009_BAB_I.pdf] Text
4203131009_BAB_I.pdf

Download (423kB)
[thumbnail of 4203131009_BAB_V.pdf] Text
4203131009_BAB_V.pdf

Download (179kB)
[thumbnail of 4203131009_Daftar_Pustaka.pdf] Text
4203131009_Daftar_Pustaka.pdf

Download (414kB)

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan aktivitas dan hasil belajar belajar siswa dan menentukan korelasi aktivitas belajar siswa terhadap hasil belajar siswa. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA di SMAN 17 Medan sebanyak dua kelas yaitu kelas XI IPA 2 sebagai kelas eksperimen 1 dan XI IPA 5 sebagai kelas eksperimen 2. Sampel yang digunakan dua kelas menggunakan teknik Purposive Sampling. Uji hipotesis aktivitas belajar dilakukan dengan uji T-test pada taraf signifikansi 0,05. Untuk aktivitas belajar diperoleh nilai t-hitung 3,64 lebih besar daripada nilai t-tabel 2,042 artinya Ha diterima dan Ho ditolak, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan aktivitas belajar siswa pada materi hidrolisis garam dengan penerapan model Problem Based Learning berbantuan media real lab dan virtual lab. Pada hasil belajar siswa diperoleh nilai t-hitung lebih besar daripada t-tabel yaitu 3,43 yang artinya Ha diterima dan Ho ditolak, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar siswa pada materi hidrolisis garam dengan penerapan model Problem Based Learning berbantuan media real lab dan virtual lab. Selanjutnya untuk korelasi antara aktivitas dan hasil belajar diperoleh nilai koefisien korelasi 0,81 dan 0,85 maka dapat disimpulkan bahwa terdapat korelasi positif antara aktivitas dan hasil belajar siswa pada materi hidrolisis garam.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Hasil Belajar, Aktivitas Belajar Siswa, Perbedaan, Problem Based Learning, Real Laboratory, Virtual Laboratory.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QD Chemistry > QD450 Physical and theoretical chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 24 Feb 2025 06:28
Last Modified: 24 Feb 2025 06:28
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/60045

Actions (login required)

View Item
View Item