PENGARUH PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN MEDIA VIDEO ANIMASI POWTOON TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI LARUTAN PENYANGGA

Br Bangun, Devrinawati (2024) PENGARUH PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN MEDIA VIDEO ANIMASI POWTOON TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI LARUTAN PENYANGGA. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 4203131071_Cover.pdf] Text
4203131071_Cover.pdf

Download (91kB)
[thumbnail of 4203131071_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
4203131071_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (169kB)
[thumbnail of 4203131071_Abstrak.pdf] Text
4203131071_Abstrak.pdf

Download (90kB)
[thumbnail of 4203131071_Kata_Pengantar.pdf] Text
4203131071_Kata_Pengantar.pdf

Download (137kB)
[thumbnail of 4203131071_Daftar_Isi.pdf] Text
4203131071_Daftar_Isi.pdf

Download (215kB)
[thumbnail of 4203131071_Daftar_Gambar.pdf] Text
4203131071_Daftar_Gambar.pdf

Download (5kB)
[thumbnail of 4203131071_Daftar_Tabel.pdf] Text
4203131071_Daftar_Tabel.pdf

Download (99kB)
[thumbnail of 4203131071_Daftar_Lampiran.pdf] Text
4203131071_Daftar_Lampiran.pdf

Download (100kB)
[thumbnail of 4203131071_BAB_I.pdf] Text
4203131071_BAB_I.pdf

Download (92kB)
[thumbnail of 4203131071_BAB_V.pdf] Text
4203131071_BAB_V.pdf

Download (7kB)
[thumbnail of 4203131071_Daftar_Pustaka.pdf] Text
4203131071_Daftar_Pustaka.pdf

Download (193kB)

Abstract

Mutu pendidikan dapat ditingkatkan dengan metode pembelajaran yang melibatkan siswa secara aktif, seperti Discovery Learning. Namun, di SMAN 15 Medan, siswa masih kesulitan memahami materi larutan penyangga, yang mengakibatkan hasil ujian belum memenuhi KKM. Penggunaan media animasi Powtoon dalam model Discovery Learning diharapkan dapat membantu siswa memahami konsep yang abstrak dan meningkatkan hasil belajar mereka.Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi pengaruh model pembelajaran Discovery Learning yang didukung oleh video animasi Powtoon terhadap hasil belajar siswa pada materi larutan penyangga. Populasi penelitian mencakup seluruh siswa kelas XI di SMA Negeri 15 Medan, dengan sampel kelas XI IPA 4 yang dipilih melalui metode Simple Random Sampling. Instrumen yang digunakan adalah tes hasil belajar berupa 20 soal pilihan ganda. Uji hipotesis menggunakan t-test satu sampel menunjukkan nilai signifikansi 0,043, yang lebih rendah dari α (0,05), sehingga hipotesis alternatif (Ha) diterima dan hipotesis nol (Ho) ditolak. Hal ini menunjukkan bahwa siswa yang belajar dengan model pembelajaran Discovery Learning berbantuan video animasi Powtoon berhasil mencapai KKM (78). Selain itu, analisis N-gain menunjukkan skor rata-rata 0,72, dengan persentase sebesar 71,68% yang masuk dalam kategori tinggi. Hasil ini mengindikasikan bahwa model pembelajaran yang diterapkan cukup efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada materi larutan penyangga. Hasil belajar siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran Discovery Learning berbantuan media video animasi Powtoon pada materi larutan penyangga di kelas XI MIPA melampaui KKM (78). Ada pengaruh model pembelajaran Discovery Learning berbantuan media video animasi Powtoon terhadap hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Model Discovery Learning, Hasil Belajar, Media Video Animasi Powtoon , Larutan Penyangga
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QD Chemistry > QD450 Physical and theoretical chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 24 Feb 2025 04:54
Last Modified: 24 Feb 2025 04:54
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/60040

Actions (login required)

View Item
View Item