PERBEDAAN HASIL BELAJAR DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA YANG DIBELAJARKAN DENGAN MODEL DICOVERY LEARNING DAN PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA POWERPOINT PADA MATERI ASAM BASA

Sitompul, De Enovani (2024) PERBEDAAN HASIL BELAJAR DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA YANG DIBELAJARKAN DENGAN MODEL DICOVERY LEARNING DAN PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA POWERPOINT PADA MATERI ASAM BASA. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 4203131043_Cover.pdf] Text
4203131043_Cover.pdf

Download (27kB)
[thumbnail of 4203131043_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
4203131043_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (241kB)
[thumbnail of 4203131043_Abstrak.pdf] Text
4203131043_Abstrak.pdf

Download (9kB)
[thumbnail of 4203131043_Kata_Pengantar.pdf] Text
4203131043_Kata_Pengantar.pdf

Download (132kB)
[thumbnail of 4203131043_Daftar_Isi.pdf] Text
4203131043_Daftar_Isi.pdf

Download (321kB)
[thumbnail of 4203131043_Daftar_Gambar.pdf] Text
4203131043_Daftar_Gambar.pdf

Download (203kB)
[thumbnail of 4203131043_Daftar_Tabel.pdf] Text
4203131043_Daftar_Tabel.pdf

Download (209kB)
[thumbnail of 4203131043_Daftar_Lampiran.pdf] Text
4203131043_Daftar_Lampiran.pdf

Download (310kB)
[thumbnail of 4203131043_BAB_I.pdf] Text
4203131043_BAB_I.pdf

Download (147kB)
[thumbnail of 4203131043_BAB_V.pdf] Text
4203131043_BAB_V.pdf

Download (11kB)
[thumbnail of 4203131043_Daftar_Pustaka.pdf] Text
4203131043_Daftar_Pustaka.pdf

Download (153kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar dan kemampuan
berpikir kritis siswa serta korelasi antara kemampuan berpikir kritis siswa dengan
hasil belajar yang dielajarkan dengan model Discovery Learning dan Problem Based
Learning berbantuan media Powerpoint pada materi asam basa. Populasi dalam
penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA Swastas Markus Medan. Sampel
penelitian ini adalah sampel total yaitu kelas XI IPA 1 dan XI IPA 2. Instrumen yang
digunakan adalah soal pilihan berganda dan soal essai. Hasil penelitian menunjukkan
bahwa pada uji hipotesis I, diperoleh thitung > tTabel (2,020 > 1,999) sehingga Ha
diterima, berarti terdapat perbedaan rata-rata hasil belajar siswa kelas ekperimen I
sebesar 80,00 dan kelas eksperimen II Sebesar 76,56. Pada uji hipotesis II, diperoleh
thitung > tTabel (2,124 > 1,999), menunjukkan adanya perbedaan rata-rata kemampuan
berpikir kritis siswa kelas ekperimen I sebesar 79,88 dan kelas ekperimen II sebesar
76,63. Pada uji hipoteisi III, diperoleh rhitung > rTabel (0,667> 0,349), menunjukkan
adanya korelasi positif dan signifikan kemampuan berpikir kritis siswa dengan hasil
belajar yang dibelajarkan dengan model DL berbantuan media powerpoint. Hasil uji
hipotesisi IV diperoleh, rhitung > rTabel (0,365 > 0,349) menunjukkan bahwa ada
korelasi antara kemampuan berpikir kritis siswa dengan hasil belajar yang
dibelajarkan dengan model PBL berbantuan media powerpoint.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Discovery Learning, Problem Based Learning, Powerpoint, Hasil Belajar, Kemampuan Berpikir Kritis.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QD Chemistry > QD450 Physical and theoretical chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 24 Feb 2025 04:19
Last Modified: 24 Feb 2025 04:19
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/60032

Actions (login required)

View Item
View Item