Manik,, Evi Tamala (2016) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE TIPE SCRIPT UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN UKUR TANAH KELAS X PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK GAMBAR BANGUNAN SMK NEGERI 2 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 5113111013 COVER.pdf - Published Version
Download (43kB) | Preview
2. NIM. 5113111013 APROVAL SHEET .pdf - Published Version
Download (569kB) | Preview
3. NIM. 5113111013 ABSTRACK.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
4. NIM. 5113111013 PREFACE.pdf - Published Version
Download (227kB) | Preview
5. NIM. 5113111013 TABEL OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (144kB) | Preview
6. NIM. 5113111013 TABLES.pdf - Published Version
Download (176kB) | Preview
7. NIM. 5113111013 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
8. NIM. 5113111013 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (179kB) | Preview
9. NIM. 5113111013 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (403kB) | Preview
13. NIM. 5113111013 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (211kB) | Preview
14. NIM. 5113111013 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (157kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran Ukur Tanah Siswa kelas X Program Keahlian Teknik Gambar Bangunan SMK Negeri 2 Medan dengan menerapkan Model Pembelajaran Cooperative Tipe Script. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan pada semester genap tahun ajaran 2015/2016 dengan jumlah siswa 32 orang.
Hasil uji coba instrumen pada 19 November 2015. Hasil uji coba instrumen terhadap hasil belajar siklus I diperoleh 24 soal valid dari 30 soal menggunakan Rumus Koefisien Point Biseral, uji reliabilitas 0,910 (sangat tinggi) menggunakan Rumus K-R 20, indeks kesukaran diperoleh 5 soal mudah, 25 soal sedang dan 0 soal sulit, dan daya pembeda diperolah 2 soal baik sekali, 11 soal baik, 16 soal cukup, dan 1 soal jelek sedangkan pada siklus II diperoleh 25 soal valid dari 30 soal, uji reliabilitas 0,90 (sangat tinggi), indeks kesukaran diperoleh 7 soal mudah, 22 soal sedang, dan 1 soal sulit serta daya pembeda 1 soal baik sekali, 8 soal baik, 21 soal cukup, dan 0 soal jelek.
Berdasarkan hasil evaluasi dan kriteria keberhasilan yang telah ditetapkan dalam penelitian ini ditemukan nilai rata-rata hasil belajar siswa siklus I meningkat yaitu 53 ketercapaian kelas 70 % menjadi 84,75 ketercapaian kelas 100 % pada siklus II. Hasil Uji T menunjukkan peningkatan signifikan terhadap hasil belajar yakni thitung (3.309) > ttabel (1.580).
Hasil penelitian menunjukkan penerapan Model Pembelajaran Cooperative Tipe Script dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ukur Tanah.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 BAN 028 |
Keywords: | Model Pembelajaran Cooperative Tipe Script;Hasil Belajar; Kontruksi Bangunan |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools T Technology > TH Building construction > TH6101 Plumbing and pipefitting |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 27 Jun 2016 04:28 |
Last Modified: | 27 Jun 2016 04:28 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/6003 |