PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE TIPE SCRIPT UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN UKUR TANAH KELAS X PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK GAMBAR BANGUNAN SMK NEGERI 2 MEDAN

Manik,, Evi Tamala (2016) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE TIPE SCRIPT UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN UKUR TANAH KELAS X PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK GAMBAR BANGUNAN SMK NEGERI 2 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 5113111013 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 5113111013 COVER.pdf - Published Version

Download (43kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 5113111013 APROVAL SHEET .pdf]
Preview
Text
2. NIM. 5113111013 APROVAL SHEET .pdf - Published Version

Download (569kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 5113111013 ABSTRACK.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 5113111013 ABSTRACK.pdf - Published Version

Download (142kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 5113111013 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 5113111013 PREFACE.pdf - Published Version

Download (227kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 5113111013 TABEL OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 5113111013 TABEL OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (144kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 5113111013 TABLES.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 5113111013 TABLES.pdf - Published Version

Download (176kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 5113111013 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 5113111013 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 5113111013 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 5113111013 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (179kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 5113111013 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 5113111013 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (403kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 5113111013 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 5113111013 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (211kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 5113111013 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM. 5113111013 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (157kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran Ukur Tanah Siswa kelas X Program Keahlian Teknik Gambar Bangunan SMK Negeri 2 Medan dengan menerapkan Model Pembelajaran Cooperative Tipe Script. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan pada semester genap tahun ajaran 2015/2016 dengan jumlah siswa 32 orang.
Hasil uji coba instrumen pada 19 November 2015. Hasil uji coba instrumen terhadap hasil belajar siklus I diperoleh 24 soal valid dari 30 soal menggunakan Rumus Koefisien Point Biseral, uji reliabilitas 0,910 (sangat tinggi) menggunakan Rumus K-R 20, indeks kesukaran diperoleh 5 soal mudah, 25 soal sedang dan 0 soal sulit, dan daya pembeda diperolah 2 soal baik sekali, 11 soal baik, 16 soal cukup, dan 1 soal jelek sedangkan pada siklus II diperoleh 25 soal valid dari 30 soal, uji reliabilitas 0,90 (sangat tinggi), indeks kesukaran diperoleh 7 soal mudah, 22 soal sedang, dan 1 soal sulit serta daya pembeda 1 soal baik sekali, 8 soal baik, 21 soal cukup, dan 0 soal jelek.
Berdasarkan hasil evaluasi dan kriteria keberhasilan yang telah ditetapkan dalam penelitian ini ditemukan nilai rata-rata hasil belajar siswa siklus I meningkat yaitu 53 ketercapaian kelas 70 % menjadi 84,75 ketercapaian kelas 100 % pada siklus II. Hasil Uji T menunjukkan peningkatan signifikan terhadap hasil belajar yakni thitung (3.309) > ttabel (1.580).
Hasil penelitian menunjukkan penerapan Model Pembelajaran Cooperative Tipe Script dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ukur Tanah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2016 BAN 028
Keywords: Model Pembelajaran Cooperative Tipe Script;Hasil Belajar; Kontruksi Bangunan
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
T Technology > TH Building construction > TH6101 Plumbing and pipefitting
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 27 Jun 2016 04:28
Last Modified: 27 Jun 2016 04:28
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/6003

Actions (login required)

View Item
View Item