Jamil, Muhammad (2016) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS SISWA DAN HASIL BELAJAR ILMU BAHAN BANGUNAN PADA SISWA KELAS X PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK KONSTRUKSI BATU DAN BETON SMK NEGERI 2 BINJAI TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
NIM 5113111027 COVER.pdf - Published Version
Download (192kB) | Preview
NIM 5113111027 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (281kB) | Preview
NIM 5113111027 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
NIM 5113111027 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (147kB) | Preview
NIM 5113111027 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (134kB) | Preview
NIM 5113111027 PREFACE.pdf - Published Version
Download (280kB) | Preview
NIM 5113111027 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (180kB) | Preview
NIM 5113111027 TABLES.pdf - Published Version
Download (146kB) | Preview
NIM 5113111027 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (530kB) | Preview
NIM 5113111027 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (304kB) | Preview
NIM 5113111027 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (202kB) | Preview
Abstract
Belum optimalnya hasil belajar Ilmu Bahan Bangunan siswa dikarenakan proses pembelajaran masih berpusat pada guru. Penelitian ini dilakukan dengan menerapkan model pembelajaran Student Team Achivement Divisions (STAD) untuk meningkatkan Aktivitas dan hasil belajar Ilmu Bahan Bangunan pada Kompetensi Dasar Mendeskripsikan Bahan Bangunan Batu dan Beton di Kelas X Program Keahlian Teknik Konstruksi Batu dan Beton SMK Negeri 2 Binjai T.A. 2015/2016.
Data penelitian diambil dari hasil observasi Aktivitas siswa dan tes hasil belajar siswa. Tes tersebut telah dilakukan uji instrumen dengan uji validitas, reliabilitas, daya pembeda tes dan indeks kesukaran tes. Tes ini diberikan pada saat awal pembelajaran dan akhir pembelajaran. Penelitian dikatakan berhasil diukur berdasarkan rata-rata kumulatif hasil belajar siswa minimal 70. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua (2) siklus yang masing-masing siklus terdiri dari dua (2) kali pertemuan. Pada siklus I mempelajari tentang definisi bahan pengikat hidrolis, pozzolan dan jenis-jenis pozzolan. Pada siklus II mempelajari tentang menjelaskan definisi tanah dan batuan. Setiap siklus terdiri dari tahapan perencanaan (planning), pelaksanaan (acting), pengamatan (observation) dan refleksi (reflecting). Pelaksanaan penelitian ini diawali dengan guru membuka kelas dengan salam, mengabsensi. Kemudian guru menjelaskan materi pembelajaran, setelah itu siswa diskusi kelompok. Kemudian siswa diberikan tes individu, lalu guru memberikan penghargaan kelompok dan menutup pembelajaran.
Hasil penelitian menunjukkan hasil belajar siswa pada siklus I dengan hasil nilai rata-rata 85,9 dengan persentase kelulusan yaitu 85,3% meningkat pada siklus II menjadi 96,2 dengan persentase kelulusan yaitu 100%. Model pembelajaran Kooperatif Tipe STAD ini berpusat pada siswa (student centered) dimana model ini mengajak dan membawa siswa untuk lebih aktif, bersemangat dalam menggali kemampuan individu, menumbuhkan rasa kepercayaan diri dengan kemampuan yang dimiliki, bertanya, berdiskusi, menganalisis dan mampu menyelesaikan tugas tepat waktu. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achivement Division (STAD) dapat meningkatkan Aktivitas dan hasil belajar siswa pada Mata Pelajaran Ilmu Bahan Bangunan Kompetensi Dasar Mendeskripsikan Bahan Bangunan Batu dan Beton Kelas X Program Keahlian Teknik Konstruksi Batu dan Beton SMK Negeri 2 Binjai T.A. 2015/2016.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 BAN 030 |
Keywords: | Aktivitas;; Hasil Belajar; Ilmu Bahan Bangunan; STAD |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools T Technology > TH Building construction |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 27 Jun 2016 04:22 |
Last Modified: | 27 Jun 2016 04:22 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/6002 |