ANALISIS POLA PEMBIMBINGAN ANAK ASUH DI PANTI ASUHAN PUTERA MUHAMMADIYAH KOTA MEDAN

KOTO, MUTHIAH SHADIQAH (2024) ANALISIS POLA PEMBIMBINGAN ANAK ASUH DI PANTI ASUHAN PUTERA MUHAMMADIYAH KOTA MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1202471007_Cover.pdf] Text
1202471007_Cover.pdf

Download (200kB)
[thumbnail of 1202471007_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
1202471007_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (170kB)
[thumbnail of 1202471007_Abstrak.pdf] Text
1202471007_Abstrak.pdf

Download (325kB)
[thumbnail of 1202471007_Kata_Pengantar.pdf] Text
1202471007_Kata_Pengantar.pdf

Download (437kB)
[thumbnail of 1202471007_Daftar_Isi.pdf] Text
1202471007_Daftar_Isi.pdf

Download (395kB)
[thumbnail of 1202471007_Daftar_Gambar.pdf] Text
1202471007_Daftar_Gambar.pdf

Download (262kB)
[thumbnail of 1202471007_Daftar_Tabel.pdf] Text
1202471007_Daftar_Tabel.pdf

Download (263kB)
[thumbnail of 1202471007_Daftar_Lampiran.pdf] Text
1202471007_Daftar_Lampiran.pdf

Download (265kB)
[thumbnail of 1202471007_BAB_I.pdf] Text
1202471007_BAB_I.pdf

Download (432kB)
[thumbnail of 1202471007_BAB_V.pdf] Text
1202471007_BAB_V.pdf

Download (297kB)
[thumbnail of 1202471007_Daftar_Pustaka.pdf] Text
1202471007_Daftar_Pustaka.pdf

Download (380kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pola pembimbingan anak asuh di Panti Asuhan Putera Muhammadiyah Kota Medan. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Subjek dalam Penelitian ini terdiri dari 1 orang pengasuh yang ditentukan secara purposive. Pengumpulan data melalui observasi dan wawancara. Data dianalisis dengan menggunakan formula Miles & Huberman tahun 2021 yang terdiri dari : pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pola pembimbingan yang digunakan di Panti Asuhan Putera Muhammadiyah Kota Medan menggunakan 4 macam pola pembimbingan yaitu 1 pola pembimbingan distribusi dan penyesuaian yang ditujukan untuk membimbing anak yang bingung memilih kegiatan di luar sekolah. Hasil dari pola ini bahwasannya anak asuh sudah mengikuti ekskul sesuai dengan bakat yang dikuasainya. 2 pola pembimbingan klinis.ditujukan untuk membimbing anak yang sulit menyesuaikan sistem belajar. Hasil dari pola ini menunjukkan bahwa anak yang semulanya tidak dapat rangking di sekolah sekarang sudah mendapatkan peringkat 10 besar. 3 pola pembimbingan, pengambilan keputusan ditujukan untuk membimbing anak untuk mengambil keputusan yang tepat, Hasil dari pola pembimbingan ini menunjukkan bahwa anak sudah mengambil keputusan tanpa ragu. 4 pola pembimbingan eklektik ditujukan untuk membimbing anak dengan kedua metode bimbingan yaitu metode bimbingan individu dan metode bimbingan kolektif/menyeluruh. Hasil pola pembimbingan ini menunjukkan bahwa pada metode bimbingan individu anak yang semulanya melanggar aturan sekarang sudah tidak. Pada metode bimbingan kolektif/menyeluruh anak menjadi tahu mengenai peraturan yang terdapat di Panti Asuhan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Asuh, Eklektik, Klinis
Subjects: H Social Sciences > HV Social pathology. Social and public welfare > HV697 Protection, assistance and relief > HV697.1 Special classes > HV701 Children > HV873 Destitute, neglected, and abandoned children. Street children
H Social Sciences > HV Social pathology. Social and public welfare > HV697 Protection, assistance and relief > HV697.1 Special classes > HV701 Children > HV959 Orphanages. Orphans
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: Muhammad Khomaini Wahyudi
Date Deposited: 21 Jul 2025 08:32
Last Modified: 21 Jul 2025 08:32
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/59998

Actions (login required)

View Item
View Item