Imron, Ali (2024) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TIPE JARING LABA-LABA (WEBBED) PADA MATA PELAJARAN SBdP UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V DI SD NEGERI 106448 BAGAN SERDANG. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
2173141001_Cover.pdf
Download (39kB)
2173141001_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (5MB)
2173141001_Abstrak.pdf
Download (54kB)
2173141001_Kata_Pengantar.pdf
Download (60kB)
2173141001_Daftar_Isi.pdf
Download (102kB)
2173141001_Daftar_Gambar.pdf
Download (43kB)
2173141001_Daftar_Tabel.pdf
Download (25kB)
2173141001_Daftar_Lampiran.pdf
Download (24kB)
2173141001_BAB_I.pdf
Download (151kB)
2173141001_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
2173141001_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (535kB)
2173141001_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
2173141001_BAB_V.pdf
Download (168kB)
2173141001_Daftar_Pustaka.pdf
Download (120kB)
2173141001_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (4MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterpaduan mata pelajaran SBdP dengan lintas mata pelajaran Ilmu Pengetahuan sosial, PPKn, IPA dan Bahasa Indonesia melalui penerapan model pembelajaran tipe Jaring laba-laba untuk
mengetahui peningkatan motivasi dan hasil belajar siswa. Menurut Trianto (2011:327) Model pembelajaran Jaring laba-laba adalah model pembelajaran yang menggunakan pendekatan tematik diawali dengan menentukan tema, pengembangan subtema, memperhatikan kaitannya dengan bidang studi masingmasing sehingga menjadi satu pembahasan yang utuh. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif deskriptif. Populasi dari penelitian ini adalah siswa SD Negeri 106448 Bagan Serdang. Sedangkan sampel
penelitian ini adalah siswa kelas V. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan dokumentasi. Sedangkan instrument penelitian ini adalah tes dan angket. Penelitian ini dilakukan dengan uji pretest dan posttest dengan nilai ratarata pretest hasil belajar yakni 64,14 dan nilai rata-rata posttest yakni 85,09.
diperoleh peningkatan hasil belajar sebesar 20,09. Berdasarkan hasil uji t menunjukkan bahwa nilai t dengan df = 13 dan � = 0.05 adalah 2.16037 Karena t
hitung > t tabel, yaitu 11.607 > 2.16037 maka dapat disimpulkan Ha diterima dan Ho ditolak. Dapat disimpulkan bahwa adanya peningkatan motivasi dan hasil
belajar siswa di SD Negeri 106448 setelah dilakukanya penerapan model pembelajaran tipe Jaring laba-laba pada mata pelajaran SBdP yang dipadukan dengan beberapa lintas mata pelajaran lainnya.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | Model Tipe Jaring Laba-laba, Motivasi, Hasil Belajar, Pembelajaran SBdP |
| Subjects: | N Fine Arts > NX Arts in general |
| Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Tari |
| Depositing User: | Mrs Yuni Chairani |
| Date Deposited: | 21 Feb 2025 08:17 |
| Last Modified: | 15 Jul 2025 02:41 |
| URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/59994 |
