Sumantri, Evi (2016) PENERAPAN MEDIA POWERPOINT UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR DAN HASIL BELAJAR KONSTRUKSI BANGUNA PADA SISWA KELAS X PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK GAMBAR BANGUNAN SMK NEGERI BINAAN PROVINSI SUMATERA UTARA. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 5101111006 COVER.pdf - Published Version
Download (231kB) | Preview
2. NIM 5101111006 APPROVALSHEET.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
3. NIM 5101111006 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (252kB) | Preview
4. NIM 5101111006 PREFACE.pdf - Published Version
Download (358kB) | Preview
5. NIM 5101111006 TABLE OF CONTENTS.pdf - Published Version
Download (145kB) | Preview
6. NIM 5101111006 TABLE.pdf - Published Version
Download (211kB) | Preview
7. NIM 5101111006 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
8. NIM 5101111006 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
9. NIM 5101111006 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (648kB) | Preview
13. NIM 5101111006 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (275kB) | Preview
14. NIM 5101111006 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (340kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas bertujuan untuk menerapkan media pembelajaran yang dapat meningkatkan aktivitas belajar dan hasil belajar mata pelajaran Konstruksi Bangunan di Kelas X Program Keahlian Teknik Gambar Bangunan SMK Negeri Binaan Provinsi Sumatera Utara T.P. 2015/2016 yang berjumlah 22 siswa. Prosedur tindakan dikemas ke dalam dua siklus yang masing-masing siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Setiap siklus terdiri dari tahapan perencanaan (planning), tindakan (acting), pengamatan (observing) dan refleksi (reflecting). Pada siklus I mempelajari tentang macam – macam pintu dan mengidintifikasi macam – macam pintu. Pada siklus II mempelajari tentang macam – macam jendelah dan mengindetifikasi macam – macam pintu.
Data penelitian diambil dari tes hasil belajar siswa dan lembar observasi. Hasil uji coba instrumen penelitian dari 20 soal pada siklus I terdapat 17 soal valid, uji tingkat kesukaran terdapat 2 soal mudah dan 15 soal sedang , uji daya pembeda tes didapat 5 soal cukup, 12 soal baik dan tidak terdapat soal jelek, uji reliabilitas tes didapat 0,8777 (sangat tinggi). Pada siklus II dari 20 soal diperoleh 17 soal valid, uji tingkat kesukaran terdapat 17 soal sedang dan tidak terdapat soal mudah dan susah, uji daya pembeda tes didapat 1 soal cukup, 16 soal baik, uji reliabilitas tes didapat 0,8778 (tinggi). Penelitian dikatakan berhasil diukur berdasarkan rata-rata komulatif aktivitas dan hasil belajar siswa memperoleh nilai minimal 2,85 dan tuntas secara klasikal jika seluruh kelas > 2,85% siswanya tuntas.
Hasil penelitian menunjukkan aktivitas belajar siswa pada siklus I dengan hasil nilai rata-rata 2,76 meningkat pada siklus II menjadi 3,53 dan hasil belajar siswa pada sikluas I dengan nilai rata – rata 2,68 meningkat pada siklus II menjadi 3,17. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan Media pembelajaran powerpoint dapat meningkatkan aktivitas belajar dan hasil belajar siswa pada Mata Pelajaran Konstruksi Bangunan pada siswa Kelas X Program Keahlian Teknik Gambar Bangunan SMK Negeri Binaan Provinsi Sumatera Utara T.P. 2015/2016. Selain itu dapat menimbulkan suasana belajar yang menyenangkan karena siswa aktif dan belajar untuk menemukan sendiri makna dari pembelajarannya.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-20176 BAN 027 |
Keywords: | Media Pembelajaran Powerpoint; Aktivitas Siswa;Hasil Belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools T Technology > TH Building construction |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 27 Jun 2016 03:33 |
Last Modified: | 27 Jun 2016 03:33 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/5997 |