Awwaliyyah, Rabi'atul (2024) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PJBL) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN TARI MELAYU DI SMA NEGERI 15 MEDANPENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PJBL) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN TARI MELAYU DI SMA NEGERI 15 MEDAN. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
![[thumbnail of 2201141002_Cover.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2201141002_Cover.pdf
Download (87kB)
![[thumbnail of 2201141002_Lembar_Pengesahan.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2201141002_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (4MB)
![[thumbnail of 2201141002_Abstrak.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2201141002_Abstrak.pdf
Download (75kB)
![[thumbnail of 2201141002_Kata_Pengantar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2201141002_Kata_Pengantar.pdf
Download (114kB)
![[thumbnail of 2201141002_Daftar_Isi.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2201141002_Daftar_Isi.pdf
Download (36kB)
![[thumbnail of 2201141002_Daftar_Gambar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2201141002_Daftar_Gambar.pdf
Download (26kB)
![[thumbnail of 2201141002_Daftar_Tabel.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2201141002_Daftar_Tabel.pdf
Download (27kB)
![[thumbnail of 2201141002_Daftar_Lampiran.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2201141002_Daftar_Lampiran.pdf
Download (91kB)
![[thumbnail of 2201141002_BAB_I.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2201141002_BAB_I.pdf
Download (115kB)
![[thumbnail of 2201141002_BAB_II.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2201141002_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (749kB)
![[thumbnail of 2201141002_BAB_III.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2201141002_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (417kB)
![[thumbnail of 2201141002_BAB_IV.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2201141002_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
![[thumbnail of 2201141002_BAB_V.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2201141002_BAB_V.pdf
Download (94kB)
![[thumbnail of 2201141002_Daftar_Pustaka.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2201141002_Daftar_Pustaka.pdf
Download (108kB)
![[thumbnail of 2201141002_Lampiran.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2201141002_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tahapan model pembelajaran Project Based Learning dan mendeskripsikan hasil belajar siswa pada pembelajaran Tari Melayu di SMA Negeri 15 Medan. Teori yang digunakan yakni teori model Project Based Learning oleh Bell (2015:113) dan teori hasil belajar oleh Benyamin S. Bloom (2017:22-23). Untuk penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan pendekatan deskriptif kuantitatif dalam bentuk One Group
Pretest-Posttest. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Negeri 15 Medan yang berjumlah 423 siswa dan memilih kelas XI MIPA 2 yang berjumlah 35 siswa sebagai sampel penelitian. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan
observasi dan dokumentasi. Instrumen penelitian untuk mengukur hasil belajar menggunakan tes soal yang berjumlah 20 soal terkait dengan konsep, teknik, dan prosedur pada Tari Melayu. Hasil belajar diukur berdasarkan aspek kognitifm psikomotorik, dan afektif. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan Uji Normalitas dan Uji T. Sebelum melakukan penelitian penulis memberikan Pretest untuk mengetahui kemampuan awal siswa dan diperoleh nilai rata-rata 45.
Selanjutnya peneliti melakukan Posttest dengan menggunakan model pembelajaran Project Based Learning dan diperoleh nilai rata-rata yakni 86. Berdasarkan hasil uji t, diperoleh nilai t adalah 35.743 dan df = 34. Karena t hitung > t tabel, yaitu 35.743 > 1.450 maka menunjukkan Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Project Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran Tari Melayu di SMA Negeri
15 Medan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Model Pembelajaran Project Based Learning, Tari Melayu, Hasil Belajar Siswa. |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV201 Physical education and training N Fine Arts > NX Arts in general |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Tari |
Depositing User: | Mrs Yuni Chairani |
Date Deposited: | 21 Feb 2025 03:39 |
Last Modified: | 15 Jul 2025 03:40 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/59968 |