TARIGAN, SEVI CAHYANI BR (2024) ANALISIS KOMUNIKASI SISWA AUTIS KELAS VII DI SLB NEGERI AUTIS SUMATERA UTARA T.P 2022/2023 (Sebuah Penelitian Studi Kasus Pada Siswa Autis di SLB Negeri Autis Sumatera Utara). Undergraduate thesis, UNIMED.
1192451006_Cover.pdf
Download (128kB)
1192451006_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (321kB)
1192451006_Abstrak.pdf
Download (139kB)
1192451006_Kata_Pengantar.pdf
Download (322kB)
1192451006_Daftar_Isi.pdf
Download (164kB)
1192451006_Daftar_Tabel.pdf
Download (109kB)
1192451006_Daftar_Gambar.pdf
Download (111kB)
1192451006_Daftar_Lampiran.pdf
Download (110kB)
1192451006_BAB_I.pdf
Download (369kB)
1192451006_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (866kB)
1192451006_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (540kB)
1192451006_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
1192451006_BAB_V.pdf
Download (228kB)
1192451006_Daftar_Pustaka.pdf
Download (197kB)
1192451006_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui bagaimana
perkembangan komunikasi siswa autis kelas VII di SLB Negeri Autis Sumatera
Utara dan untuk mengetahui bagaimana bentuk komunikasi verbal dan non
verbalnya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif
dengan pendekatan studi kasus. Subjek primer dalam penelitian ini adalah dua
orang siswa dengan gangguan autis di kelas VII autis, dan subjek sekundernya
adalah guru dan orangtua siswa. Data dikumpulkan dengan menggunakan teknik
wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan
bahwa adanya perkembangan komunikasi pada siswa autis di SLB Negeri Autis
Sumatera Utara yang dipengaruhi oleh beberapa hal diantaranya stimulus guru
saat mengajar, terapi, hobi anak, dan strategi pengasuhan orangtua. Bentuk
komunikasi verbal anak adalah berbicara, menulis, membaca dan mendengar.
Sedangkan bentuk komunikasi non verbalnya adalah sentuhan, gerakan, dan
kontak mata. Berdasarkan temuan penelitian tersebut maka dapat disimpulkan
bahwa gangguan komunikasi pada anak autis dapat dibantu dengan memberikan
stimulus dengan lebih sering diajak berkomunikasi, dan melakukan strategi
pengasuhan yang tepat.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | Autis, Gangguan Komunikasi |
| Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology L Education > L Education (General) |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling |
| Depositing User: | Muhammad Khomaini Wahyudi |
| Date Deposited: | 21 Jul 2025 08:37 |
| Last Modified: | 23 Jul 2025 05:28 |
| URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/59897 |
