Siregar, Anggita Syahrani (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD TERHADAP KARAKTER SISWA DI KELAS XII IPS2 SMA NEGERI 2 TANJUNG MORAWA TAHUN AJARAN 2023/2024. Undergraduate thesis, UNIMED.
3202422014_Cover.pdf
Download (43kB)
3202422014_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (607kB)
3202422014_Abstrak.pdf
Download (73kB)
3202422014_Kata_Pengantar.pdf
Download (128kB)
3202422014_Daftar_Gambar.pdf
Download (135kB)
3202422014_Daftar_Tabel.pdf
Download (69kB)
3202422014_Daftar_Lampiran.pdf
Download (70kB)
3202422014_Daftar_Isi.pdf
Download (101kB)
3202422014_BAB_I.pdf
Download (236kB)
3193311032_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
3193311032_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
3193311032_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
3193311032_BAB_V.pdf
Download (375kB)
3193311032_Daftar_Pustaka.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (561kB)
3193311032_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
Abstract
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap karakter siswa di kelas XII IPS 2 SMA Negeri 2 Tanjung Morawa di Jalan Pendidikan Limau Manis. Populasi penelitian sebanyak 94 siswa terdiri dari 34 siswa kelas XII IPS 1 dan 29 siswa, kelas XII IPS 2, dan 31 siswa kelas XII IPS 3. Sampel penelitian menggunakan teknik Sampling sehingga seluruh jumlah populasi merangkap sebagai sampel penelitian. Jenis penelitian ini adalah Quasi Eksperiment dimana penelitian ini mencari pengaruh perlakuan tertentu terhadap 2 kondisi yang homogen. Prosedur dalam penelitian ini terdiri dari persiapan, pelaksanaan dan tahap akhir. Sebelum melaksanakan penelitian dilakukan pengujian instrument penelitian yaitu uji validitas, reliabilitas dengan memberikan pretest pada kedua kelas, kemudian kelas eksperimen diberikan perlakukan dengan model pembelajaran kooperatif
tipe STAD sedangkan kelas kontrol tanpa menggunakan model pembelajaran Kooperatif Tipe STAD dan terakhir kedua kelas diberikan postest. Data di analisis dan dilakukan uji prasyarat yaitu uji normalitas, uji homogenitas, uji hipotesis. Berdasarkan pretest pada kelas eksperimen, rata-rata karakter siswa adalah 66,69 dan setelah menerapkan model pembelajaran Kooperatif tipe STAD rata-rata karakter siswa pada posttest adalah 82.21. Sedangkan, pada kelas kontrol rata rata karakter siswa pada nilai pretest adalah 66,69.setelah dilakukan postest nilai karakter rata rata siswa adalah 78,71. Hasil dari penelitian ini ditunjukkan dengan perubahan karakter siswa ke arah yang lebih baik dan terdapat tiga karakter toleransi, religius dan komunikatif. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Kooperatif tipe STAD terhadap karakter siswa pada di kelas XII IPS 2 SMA Negeri 2 Tanjung Morawa.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | Pembelajaran Kooperatif; Tipe STAD; Karakter Siswa |
| Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LC Special aspects of education > LC251 Moral education. Character building |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pkn |
| Depositing User: | Siti Nur Fatimah |
| Date Deposited: | 16 Jul 2025 06:56 |
| Last Modified: | 16 Jul 2025 06:56 |
| URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/59874 |
