SEMBIRING, NAILA KUMALA PUTRI BR (2024) PENGARUH LAYANAN PENGUASAAN KONTEN TEKNIK VISUALISASI KREATIF TERHADAP KEJENUHAN BELAJAR PADA SISWA KELAS VIII-3 SMP NEGERI 2 BERASTAGI T.A 2022/2023. Undergraduate thesis, UNIMED.
1181151019_Cover.pdf
Download (45kB)
1181151019_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (267kB)
1181151019_Abstrak.pdf
Download (3MB)
1181151019_Kata_Pengantar.pdf
Download (3MB)
1181151019_Daftar_Isi.pdf
Download (187kB)
1181151019_Daftar_Tabel.pdf
Download (3MB)
1181151019_Daftar_Gambar.pdf
Download (3MB)
1181151019_Daftar_Lampiran.pdf
Download (3MB)
1181151019_BAB_I.pdf
Download (4MB)
1181151019_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (4MB)
1181151019_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (4MB)
1181151019_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (4MB)
1181151019_BAB_V.pdf
Download (3MB)
1181151019_Daftar_Pustaka.pdf
Download (3MB)
1181151019_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (5MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh layanan penguasaan konten teknik visualisasi kreatif terhadap kejenuhan belajar pada siswa kelas VIII-3 SMP Negeri 2 Berastagi T.A 2022/2023. Jenis penelitian ini termasuk kedalam jenis penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen semu one group pre-test dan post-test design. Subjek penelitian terdiri dari 30 siswa kelas VIII-3 yang yang memiliki tingkat kejenuhan belajar yang bervariasi (tinggi, sedang dan rendah). Data dikumpulkan dengan skala kejenuhan belajar berjumlah 25 pernyataan yang telah valid dan reliabel.Instrumen diberikan sebelum dan sesudah pelaksanaan layanan penguasaan konten teknik visualisasi kreatif. Data dianalisis menggunakan uji wilcoxon untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh signifikan layanan penguasaan konten teknik visualisasi kreatif terhadap kejenuhan belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa skor rata-rata pre-test adalah 74 sedangkan skor rata-rata post-test adalah 48,3. Hal ini Uji wilcoxon yang menunjukkan bahwa uji jenjang wilcoxon diperoleh Jhitung 218,5 sedangkan Jtabel 137. Dari tabel kritis J untuk uji jenjang bertanda wilcoxon untuk n=30 α=0,05 sesuai dengan kriteria penerimaan dan penolakan hipotesis, hipotesis dapat diterima jika Jhitung>Jtabel dimana 218,5>137. Artinya bahwa ada pengaruh layanan penguasaan konten teknik visualisasi kreatif terhadap kejenuhan belajar pada siswa kelas VIII-3 SMP Negeri 2 Berastagi T.A 2022/2023.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | Layanan Penguasaan Konten, Teknik Visualiasi Kreatif, Kejenuhan Belajar. |
| Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology L Education > L Education (General) |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling |
| Depositing User: | Muhammad Khomaini Wahyudi |
| Date Deposited: | 21 Jul 2025 08:42 |
| Last Modified: | 23 Jul 2025 04:13 |
| URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/59864 |
