Gusmira, Lisa (2016) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR KONSTRUKSI BANGUNAN SISWA KELAS X TGB SMK NEGERI 2 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 5113111021 COVER.pdf - Published Version
Download (118kB) | Preview
4. NIM. 5113111021 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (226kB) | Preview
5. NIM. 5113111021 PREFACE.pdf - Published Version
Download (175kB) | Preview
6. NIM. 5113111021 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (255kB) | Preview
7. NIM. 5113111021 TABLES.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
8. NIM. 5113111021 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
9. NIM. 5113111021 APPEDICES.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
10.NIM. 5113111021 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (545kB) | Preview
14.NIM. 5113111021 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (301kB) | Preview
15.NIM. 5113111021 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (185kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang bertujuan untuk menerapkan model pembelajaran yang dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar Konstruksi Bangunan pada kompetensi dasar menerapkan dan mengelola spesifikasi dan karakteristik bahan adukan dan pasangan pada konstruksi bangunan di Kelas X Program Keahlian Teknik Gambar Bangunan SMK Negeri 2 Medan T.P. 2014/2015 yang berjumlah 30 siswa. Prosedur tindakan dikemas dalam dua siklus yang terdiri dari empat kali pertemuan. Setiap siklus terdiri empat tahapan yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Pada siklus I mempelajari tentang Jenis dan klasifikasi bahan adukan dan pasangan serta gradasi agregat untuk bahan adukan dan pasangan. Pada siklus II mempelajari tentang Proporsi campuran adukan dan pasangan seta pemeriksaan sifat fisik dan mekanik secara visual sesuai SNI.
Data penelitian diambil dari lembar observasi dan instrumen tes hasil belajar yang terlebih dahulu diujicobakan pada siswa kelas XI. Berdasarkan hasil uji coba instrumen dari 25 soal pada siklus I terdapat 21 soal valid, uji tingkat kesukaran tidak terdapat soal mudah, 23 soal sedang dan 2 soal sukar, uji daya pembeda tes didapat 3 soal jelek, 5 soal cukup dan 17 soal baik, uji reliabilitas tes didapat 0,905 (sangat tinggi). Pada siklus II dari 22 soal diperoleh 21 soal valid, uji tingkat kesukaran terdapat 20 soal sedang dan 2 soal sukar, uji daya pembeda tes didapat 7 soal buruk, 6 soal cukup dan 9 soal baik, uji reliabilitas tes didapat 0,85 (tinggi). Penelitian tindakan kelas ini dikatakan berhasil apabila nilai rata-rata aktivitas dan hasil belajar siswa memperoleh nilai ≥ 75 dan berhasil secara klasikal jika ≥ 75% dari seluruh siswanya tuntas .
Hasil penelitian menunjukkan aktivitas belajar siswa pada siklus I dengan hasil nilai rata-rata 77 dan persentase kelulusan yaitu 72% meningkat pada siklus II menjadi 89,60 dan Persentase kelulusan yaitu 92%. Hasil belajar siswa terjadi peningkatan,pada siklus I dengan hasil nilai rata rata sebesar 63,33 dan persentase kelulusan yaitu 30% meningkat pada siklus II menjadi 80,33 dan persentase kelulusan yaitu 87%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan Model pembelajaran Quantum Teaching dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada Mata Pelajaran Konstruksi Bangunan kompetensi dasar menerapkan dan mengelola spesifikasi dan karakteristik bahan adukan dan pasangan pada konstruksi bangunan pada siswa Kelas X Program Keahlian Teknik Gambar Bangunan SMK Negeri 2 Medan T.P. 2014/2015. Selain itu dapat menimbulkan suasana belajar yang menyenangkan karena siswa aktif dan belajar untuk menemukan sendiri makna dari pembelajarannya.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 BAN 006 |
Keywords: | Model Pembelajaran QuantumTeaching; Aktivitas Siswa;Hasil Belajar; PTK |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools T Technology > TH Building construction |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 24 Jun 2016 07:44 |
Last Modified: | 24 Jun 2016 07:44 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/5986 |