RAMADHAN, M. HANDIKA (2024) PENGARUH LAYANAN PENGUASAAN KONTEN TEKNIK MIND MAPPING TERHADAP KREATIVITAS BELAJAR SISWA KELAS X MULTIMEDIA SMK TRITECH INFORMATIKA MEDAN T.A 2022/2023. Undergraduate thesis, UNIMED.
![[thumbnail of 1173351030_Cover.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1173351030_Cover.pdf
Download (121kB)
![[thumbnail of 1173351030_Lembar_Pengesahan.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1173351030_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (369kB)
![[thumbnail of 1173351030_Abstrak.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1173351030_Abstrak.pdf
Download (258kB)
![[thumbnail of 1173351030_Kata_Pengantar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1173351030_Kata_Pengantar.pdf
Download (238kB)
![[thumbnail of 1173351030_Daftar_Isi.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1173351030_Daftar_Isi.pdf
Download (165kB)
![[thumbnail of 1173351030_Daftar_Tabel.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1173351030_Daftar_Tabel.pdf
Download (110kB)
![[thumbnail of 1173351030_Daftar_Gambar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1173351030_Daftar_Gambar.pdf
Download (110kB)
![[thumbnail of 1173351030_Daftar_Lampiran.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1173351030_Daftar_Lampiran.pdf
Download (111kB)
![[thumbnail of 1173351030_BAB_I.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1173351030_BAB_I.pdf
Download (460kB)
![[thumbnail of 1173351030_BAB_II.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1173351030_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
![[thumbnail of 1173351030_BAB_III.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1173351030_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (911kB)
![[thumbnail of 1173351030_BAB_IV.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1173351030_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
![[thumbnail of 1173351030_BAB_V.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1173351030_BAB_V.pdf
Download (208kB)
![[thumbnail of 1173351030_Daftar_Pustaka.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1173351030_Daftar_Pustaka.pdf
Download (212kB)
![[thumbnail of 1173351030_Lampiran.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1173351030_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (4MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh layanan penguasaan konten
teknik mind mapping terhadap kreativitas belajar siswa kelas X Multimedia SMK
Tritech Informatika Medan Tahun Ajaran 2022/2023. Metode yang digunakan
dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Jenis penelitian ini adalah quasi
experiment dengan pembentukan one-group design. Subjek dalam penelitian ini
adalah 31 orang siswa kelas X Multimedia. Data penelitian dikumpulkan dengan
angket dan tes kreativitas figural. Angket dan tes kreativitas figural diberikan
sebelum dan sesudah pelaksanaan layanan penguasaan konten teknik mind
mapping. Data dianalisis menggunakan uji wilcoxon untuk melihat apakah ada
pengaruh pemberian layanan penguasaan konten teknik mind mapping terhadap
kreativitas belajar siswa. Hal ini dapat dilihat hasil perhitungan skor tes awal (pretest)
pada kelompok eksperimen diperoleh rata-rata = 53,84 pada angket dan skor
rata-rata = 41 pada tes kreativitas figural. Sedangkan skor tes akhir (post- test)
pada kelompok eksperimen diperoleh rata-rata = 98,94 pada angket dan skor ratarata
= 90,74 pada tes kreativitas figural. Hal ini dapat diperoleh dari uji wilcoxon
dengan menggunakan SPSS yang menunjukkan bahwa uji Wilcoxon Signed Rank
menunjukkan tidak terdapat ‘negative rank’ (selisih negatif), yang
mengindikasikan tidak ada penurunan nilai dari pre-test ke post-test. Sebaliknya,
‘positive rank’ (selisih positif) menunjukkan peningkatan pada 31 siswa dengan
‘mean rank’ sebesar 16,00 dan total ‘ranking positif’ sebesar 496,00. Nilai
Asymp.sig (2-tailed) yang diperoleh adalah 0,001, lebih kecil dari 0,05, sehingga
hipotesis nol (Ho) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Ini menandakan
adanya perbedaan yang signifikan antara hasil pre-test dan post-test, yang
menegaskan pengaruh positif teknik mind mapping terhadap kreativitas belajar
siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Kreativitas Belajar, Layanan Penguasaan Konten, Teknik Mind Mapping |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | Muhammad Khomaini Wahyudi |
Date Deposited: | 21 Jul 2025 08:43 |
Last Modified: | 23 Jul 2025 03:36 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/59851 |