Banurea, Martina Efrika (2016) PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN ILMU STATIKA DAN TEGANGAN SISWA KELAS X PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK GAMBAR BANGUNAN SMK NEGERI 5 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
NIM 5113111024 JUDUL.pdf - Published Version
Download (43kB) | Preview
NIM 5113111024 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (842kB) | Preview
NIM_5113111024_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
NIM_5113111024_KATA_PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (205kB) | Preview
NIM_5113111024_DAFTAR_ISI.pdf - Published Version
Download (164kB) | Preview
NIM_5113111024_DAFTAR_GAMBAR.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
NIM_5113111024_DAFTAR_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
NIM_5113111024_DAFTAR_TABEL.pdf - Published Version
Download (176kB) | Preview
NIM_5113111024_BAB_I.pdf - Published Version
Download (500kB) | Preview
NIM_5113111024_BAB_V.pdf - Published Version
Download (308kB) | Preview
NIM_5113111024_DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar pada mata pelajaran Ilmu Statika dan Tegangan Siswa kelas X Program Keahlian Teknik Gambar Bangunan SMK Negeri 5 Medan dengan menerapkan Strategi Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan pada semester ganjil tahun ajaran 2015/2016 dengan jumlah siswa 30 orang.
Hasil uji coba instrumen pada 4 September 2015 terhadap angket aktivitas siswa diperoleh 36 soal valid dari 40 soal menggunakan Teknik Korelasi Product Momen dan uji reliabilitas 0,907 (sangat tinggi) menggunakan Rumus Alpha. Hasil uji coba instrumen terhadap hasil belajar siklus I diperoleh 27 soal valid dari 35 soal menggunakan Rumus Koefisien Point Biseral, uji reliabilitas 0,920 (sangat tinggi) menggunakan Rumus K-R 20, indeks kesukaran diperoleh 2 soal mudah, 32 soal sedang dan 1 soal sulit, dan daya pembeda diperolah 21 soal baik, 9 soal cukup, dan 5 soal jelek sedangkan pada siklus II diperoleh 28 soal valid dari 32 soal, uji reliabilitas 0,828 (sangat tinggi), indeks kesukaran diperoleh 10 soal mudah dan 22 soal sedang dan daya pembeda 5 soal baik, 16 soal cukup, dan 11 soal jelek.
Berdasarkan hasil evaluasi dan kriteria keberhasilan yang telah ditetapkan dalam penelitian ini ditemukan siklus I nilai rata-rata aktivitas belajar siswa meningkat yaitu 68,01 ketercapaian kelas 50 % menjadi 85,19 ketercapaian kelas 100 % pada siklus II. Hasil Uji T menunjukkan peningkatan signifikan terhadap aktivitas belajar yakni thitung (5.842) > ttabel (2,048). Sedangkan nilai rata-rata hasil belajar siswa siklus I meningkat yaitu 69,38 ketercapaian kelas 77 % menjadi 87,74 ketercapaian kelas 100 % pada siklus II. Hasil Uji T menunjukkan peningkatan signifikan terhadap aktivitas belajar yakni thitung (5.929) > ttabel (2.048).
Hasil penelitian menunjukkan penerapan Strategi Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dapat 1) meningkatkan aktivitas belajar siswa dan 2) meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Statika dan Tegan
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 BAN 001 |
Keywords: | Strategi Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw; Aktivitas Belajar;Hasil Belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools T Technology > TH Building construction |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 24 Jun 2016 04:12 |
Last Modified: | 24 Jun 2016 04:12 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/5985 |