NASUTION, IRMA AFRIANI (2024) HUBUNGAN TEMAN SEBAYA DENGAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS VII-VIII SMP IT NURUL FADHILLAH MEDAN T.A 2023/2024. Undergraduate thesis, UNIMED.
1203351024_Cover.pdf
Download (203kB)
1203351024_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (366kB)
1203351024_Abstrak.pdf
Download (143kB)
1203351024_Kata_Pengantar.pdf
Download (294kB)
1203351024_Daftar_Isi.pdf
Download (321kB)
1203351024_Daftar_Tabel.pdf
Download (231kB)
1203351024_Daftar_Gambar.pdf
Download (218kB)
1203351024_Daftar_Lampiran.pdf
Download (232kB)
1203351024_BAB_I.pdf
Download (462kB)
1203351024_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (772kB)
1203351024_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (431kB)
1203351024_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (923kB)
1203351024_BAB_V.pdf
Download (206kB)
1203351024_Daftar_Pustaka.pdf
Download (214kB)
1203351024_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara hubungan teman sebaya dengan motivasi belajar siswa kelas VII-VIII SMP IT Nurul Fadhillah Medan. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan pendekatan korelasional yang bertujuan untuk mengetahui adanya hubungan antara variabel bebas dengan variabel terikat serta berarti atau tidaknya hubungan kedua variabel tersebut. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VII dan VIII SMP IT Nurul Fadhillah Medan yang berjumlah 63 orang siswa. Data penelitian dikumpulkan dengan angket hubungan teman sebaya dengan 32 item dan angket motivasi belajar berjumlah 44 item pernyataan yang telah valid dan reliabel. Data dianalisis menggunakan Statistik Korelasi Product Moment untuk menguji hipotesis yang ada dalam penelitian dengan bantuan SPSS. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa hasil analisis kolerasi product moment maka rhitung sebesar 0,863 dibandingkan dengan rtabel dengan tingkat signifikan 5% N = 63 sebesar 0,248. Jadi rhitung > rtabel, maka dapat ditarik kesimpulan bahwa hipotesis diterima, dengan koefisien determinasi sebesar 74,4% dan berhubungan positif, artinya jika semakin tinggi hubungan teman sebaya peserta didik maka semakin tinggi pula motivasi belajar siswa kelas VII-VIII SMP IT Nurul Fadhillah Medan. Sedangkan 25,6% merupakan faktor yang mempengaruhi variabel motivasi belajar (Y) dari faktor lain yang tidak diteliti oleh peneliti. Sehingga ada hubungan positif yang signifikan antara hubungan teman sebaya dengan motivasi belajar siswa kelas VII-VIII SMP IT Nurul Fadhillah Medan tahun ajaran 2023/2024.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | Hubungan teman sebaya, Motivasi Belajar |
| Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology L Education > L Education (General) |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling |
| Depositing User: | Muhammad Khomaini Wahyudi |
| Date Deposited: | 21 Jul 2025 08:46 |
| Last Modified: | 23 Jul 2025 03:01 |
| URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/59842 |
