MANURUNG, EXAUDI PARLINDUNGAN (2024) MENINGKATKAN KETERAMPILAN METAKOGNITIF MELALUI BIMBINGAN KELOMPOK TEKNIK MIND MAPING PADA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 2 TARUTUNG TAHUN AJARAN 2023/2024. Undergraduate thesis, UNIMED.
![[thumbnail of 1203351001_Cover.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1203351001_Cover.pdf
Download (122kB)
![[thumbnail of 1203351001_Lembar_Pengesahan.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1203351001_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (351kB)
![[thumbnail of 1203351001_Abstrak.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1203351001_Abstrak.pdf
Download (141kB)
![[thumbnail of 1203351001_Kata_Pengantar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1203351001_Kata_Pengantar.pdf
Download (269kB)
![[thumbnail of 1203351001_Daftar_Isi.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1203351001_Daftar_Isi.pdf
Download (233kB)
![[thumbnail of 1203351001_Daftar_Tabel.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1203351001_Daftar_Tabel.pdf
Download (110kB)
![[thumbnail of 1203351001_Daftar_Gambar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1203351001_Daftar_Gambar.pdf
Download (110kB)
![[thumbnail of 1203351001_Daftar_Lampiran.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1203351001_Daftar_Lampiran.pdf
Download (110kB)
![[thumbnail of 1203351001_BAB_I.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1203351001_BAB_I.pdf
Download (442kB)
![[thumbnail of 1203351001_BAB_II.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1203351001_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
![[thumbnail of 1203351001_BAB_III.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1203351001_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (803kB)
![[thumbnail of 1203351001_BAB_IV.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1203351001_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
![[thumbnail of 1203351001_BAB_V.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1203351001_BAB_V.pdf
Download (165kB)
![[thumbnail of 1203351001_Daftar_Pustaka.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1203351001_Daftar_Pustaka.pdf
Download (301kB)
![[thumbnail of 1203351001_Lampiran.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1203351001_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
Abstract
Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk meningkatkan keterampilan
metakognitif menggunakan bimbingan kelompok Teknik Mind Maping pada
siswa kelas XI IIS 2 SMA Negeri 2 Tarutung Tahun Ajaran 2023/2024. Subjek
penelitian adalah 11 orang siswa kelas XI. Jenis penelitian pada penelitian ini
adalah Penelitian Tindakan Bimbingan Konseling (PTBK) yang merupakan suatu
kegiatan untuk mempelajari suatu masalah, mencari solusi, serta melakukan
perbaikan dengan menerapkan suatu Tindakan nyata melalui bimbingan kelompok
dengan Teknik Mind Maping. Berdasarkan data Pra Siklus, Siklus I, maupun
Siklus II, Pada penelitian pra-siklus kondisi awal keterampilan metakognitif siswa
sebanyak 11 (16,1%) siswa berada pada kategori rendah, sebanyak 47 (69,1%)
siswa berada pada kategori sedang, dan sebanyak 10 (14.7%) siswa berada pada
kategori tinggi yang kemudian 11 siswa kategori rendah dipilih untuk diberikan
tindakan pada siklus I dengan pertemuan sebanyak 5 kali berupa bimbingan
kelompok dengan Teknik Mind Maping memperoleh, hasil nilai Siklus I , siswa
yang memiliki keterampilan metakognitif kategori rendah mengalami peningkatan
yaitu 3 (27,2 % ) orang kategori tinggi dan 8 (72,7%). Kemudian, diberikan
kembali tindakan pada siklus II sebanyak 3 pertemuan berupa bimbingan
kelompok dengan Teknik Mind Maping yang memperoleh hasil Siklus II siswa
yang memiliki keterampilan metakognitif kategori rendah mengalami peningkatan
yaitu 3 (27,2 % ) orang kategori tinggi dan 8 (72,7%). Pada rata-rata hasil angket
Pra Siklus di pertemuan pertama sebesar 49 dan hasil angket siklus I sebesar 66
yang dalam hal ini dapat diketahui adanya peningkatan sebesar 21,9%. Pada hasil
angket siklus II di akhir pertemuan mendapatkan skor sebesar 71 dan dapat di
ketahui bahwa adanya peningkatan dari hasil angket siklus I ke siklus II sebesar
6%. Hal ini berarti bahwa pengaruh bimbingan kelompok dengan Teknik Mind
Maping sangat efektif untuk meningkatkan keterampilan metakognitif subjek
penelitian. Maka dengan begitu dapat di simpulkan bahwa bimbingan kelompok
dengan Teknik Mind Maping dapat meningkatkan keterampilan metakognitif
siswa SMA Negeri 2 Tarutung.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Bimbingan Kelompok, Teknik Mind Maping, Keterampilan Metakognitif |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | Muhammad Khomaini Wahyudi |
Date Deposited: | 21 Jul 2025 08:48 |
Last Modified: | 23 Jul 2025 02:12 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/59826 |