ANALISIS EKSPRESI EMOSI ANAK AUTISME: KAJIAN TEORI KOGNITIF DI LINGKUNGAN SEKOLAH UPT SLB E NEGERI PEMBINA TINGKAT PROVINSI SUMUT TA. 2023/2024

SEMBIRING, CORI NABILA (2024) ANALISIS EKSPRESI EMOSI ANAK AUTISME: KAJIAN TEORI KOGNITIF DI LINGKUNGAN SEKOLAH UPT SLB E NEGERI PEMBINA TINGKAT PROVINSI SUMUT TA. 2023/2024. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1203151012_Cover.pdf] Text
1203151012_Cover.pdf

Download (43kB)
[thumbnail of 1203151012_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
1203151012_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (385kB)
[thumbnail of 1203151012_Abstrak.pdf] Text
1203151012_Abstrak.pdf

Download (139kB)
[thumbnail of 1203151012_Kata_Pengantar.pdf] Text
1203151012_Kata_Pengantar.pdf

Download (295kB)
[thumbnail of 1203151012_Daftar_Isi.pdf] Text
1203151012_Daftar_Isi.pdf

Download (138kB)
[thumbnail of 1203151012_Daftar_Tabel.pdf] Text
1203151012_Daftar_Tabel.pdf

Download (110kB)
[thumbnail of 1203151012_Daftar_Gambar.pdf] Text
1203151012_Daftar_Gambar.pdf

Download (137kB)
[thumbnail of 1203151012_Daftar_Lampiran.pdf] Text
1203151012_Daftar_Lampiran.pdf

Download (111kB)
[thumbnail of 1203151012_BAB_I.pdf] Text
1203151012_BAB_I.pdf

Download (576kB)
[thumbnail of 1203151012_BAB_II.pdf] Text
1203151012_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of 1203151012_BAB_III.pdf] Text
1203151012_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (604kB)
[thumbnail of 1203151012_BAB_IV.pdf] Text
1203151012_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[thumbnail of 1203151012_BAB_V.pdf] Text
1203151012_BAB_V.pdf

Download (247kB)
[thumbnail of 1203151012_Daftar_Pustaka.pdf] Text
1203151012_Daftar_Pustaka.pdf

Download (269kB)
[thumbnail of 1203151012_Lampiran.pdf] Text
1203151012_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan representasi ekspresi emosi anak autisme
dalam proses pembelajaran dengan faktor stimulus yang digunakan dalam proses
pembelajaran dan mendeskripsikan respon ekspresi emosi anak autisme terhadap
faktor stimulus dari interaksi sosial dengan guru dan teman sebaya di lingkungan
sekolah UPT SLB E Negeri Pembina Tingkat Provinsi Sumatera Utara. Penelitian
kualitatif dengan pendekatan deskriptif telah digunakan dalam penelitian ini.
Peneliti menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi untuk menjawab
dua tujuan penelitian. Wawancara telah dilakukan kepada guru pendamping
khusus dengan semi terstruktur. Observasi dilakukan selama proses pembelajaran
di beberapa kelas yang sudah menjadi target penelitian. Dokumentasi yang
peneliti lakukan berupa dokumen, foto, dan catatan lapangan. Melalui triangulasi
dan analisis tematisasi serta konsep, penelitian ini memberikan gambaran yang
komprehensif mengenai ekspresi emosi anak autisme di lingkungan sekolah. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa anak autisme mengekspresikan emosi emosi dasar
meliputi bahagia, marah, sedih, muak, takut dan terkejut dengan berbagai media
yang digunakan. Kemudian, anak autisme juga merespon faktor stimulus dari
interaksi sosial dengan guru dan teman sebaya berdasarkan ekspresi emosi dasar
meliputi bahagia, marah, sedih, takut dan terkejut karena beragam rangsangan
yang diberikan oleh guru pendamping khusus dan teman sebaya. Berdasarkan
temuan hasil penelitian, disarankan bagi penelitian selanjutnya untuk melakukan
penelitian jangka panjang untuk mengamati perkembangan ekspresi emosi dan
interaksi sosial anak autisme guna pengembangan efektivitas strategi intervensi
dan lebih lanjut mengeksplorasi faktor-faktor spesifik pendukung dan penghambat
anak autisme mengekspresikan emosi di lingkungan sekolah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Anak Autisme, Ekspresi Emosi dasar, Proses Pembelajaran, Interaksi Sosial.
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Muhammad Khomaini Wahyudi
Date Deposited: 21 Jul 2025 08:52
Last Modified: 22 Jul 2025 08:09
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/59813

Actions (login required)

View Item
View Item