SEMBIRING, CORI NABILA (2024) ANALISIS EKSPRESI EMOSI ANAK AUTISME: KAJIAN TEORI KOGNITIF DI LINGKUNGAN SEKOLAH UPT SLB E NEGERI PEMBINA TINGKAT PROVINSI SUMUT TA. 2023/2024. Undergraduate thesis, UNIMED.
![[thumbnail of 1203151012_Cover.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1203151012_Cover.pdf
Download (43kB)
![[thumbnail of 1203151012_Lembar_Pengesahan.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1203151012_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (385kB)
![[thumbnail of 1203151012_Abstrak.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1203151012_Abstrak.pdf
Download (139kB)
![[thumbnail of 1203151012_Kata_Pengantar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1203151012_Kata_Pengantar.pdf
Download (295kB)
![[thumbnail of 1203151012_Daftar_Isi.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1203151012_Daftar_Isi.pdf
Download (138kB)
![[thumbnail of 1203151012_Daftar_Tabel.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1203151012_Daftar_Tabel.pdf
Download (110kB)
![[thumbnail of 1203151012_Daftar_Gambar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1203151012_Daftar_Gambar.pdf
Download (137kB)
![[thumbnail of 1203151012_Daftar_Lampiran.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1203151012_Daftar_Lampiran.pdf
Download (111kB)
![[thumbnail of 1203151012_BAB_I.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1203151012_BAB_I.pdf
Download (576kB)
![[thumbnail of 1203151012_BAB_II.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1203151012_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
![[thumbnail of 1203151012_BAB_III.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1203151012_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (604kB)
![[thumbnail of 1203151012_BAB_IV.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1203151012_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
![[thumbnail of 1203151012_BAB_V.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1203151012_BAB_V.pdf
Download (247kB)
![[thumbnail of 1203151012_Daftar_Pustaka.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1203151012_Daftar_Pustaka.pdf
Download (269kB)
![[thumbnail of 1203151012_Lampiran.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1203151012_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (4MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan representasi ekspresi emosi anak autisme
dalam proses pembelajaran dengan faktor stimulus yang digunakan dalam proses
pembelajaran dan mendeskripsikan respon ekspresi emosi anak autisme terhadap
faktor stimulus dari interaksi sosial dengan guru dan teman sebaya di lingkungan
sekolah UPT SLB E Negeri Pembina Tingkat Provinsi Sumatera Utara. Penelitian
kualitatif dengan pendekatan deskriptif telah digunakan dalam penelitian ini.
Peneliti menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi untuk menjawab
dua tujuan penelitian. Wawancara telah dilakukan kepada guru pendamping
khusus dengan semi terstruktur. Observasi dilakukan selama proses pembelajaran
di beberapa kelas yang sudah menjadi target penelitian. Dokumentasi yang
peneliti lakukan berupa dokumen, foto, dan catatan lapangan. Melalui triangulasi
dan analisis tematisasi serta konsep, penelitian ini memberikan gambaran yang
komprehensif mengenai ekspresi emosi anak autisme di lingkungan sekolah. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa anak autisme mengekspresikan emosi emosi dasar
meliputi bahagia, marah, sedih, muak, takut dan terkejut dengan berbagai media
yang digunakan. Kemudian, anak autisme juga merespon faktor stimulus dari
interaksi sosial dengan guru dan teman sebaya berdasarkan ekspresi emosi dasar
meliputi bahagia, marah, sedih, takut dan terkejut karena beragam rangsangan
yang diberikan oleh guru pendamping khusus dan teman sebaya. Berdasarkan
temuan hasil penelitian, disarankan bagi penelitian selanjutnya untuk melakukan
penelitian jangka panjang untuk mengamati perkembangan ekspresi emosi dan
interaksi sosial anak autisme guna pengembangan efektivitas strategi intervensi
dan lebih lanjut mengeksplorasi faktor-faktor spesifik pendukung dan penghambat
anak autisme mengekspresikan emosi di lingkungan sekolah.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Anak Autisme, Ekspresi Emosi dasar, Proses Pembelajaran, Interaksi Sosial. |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | Muhammad Khomaini Wahyudi |
Date Deposited: | 21 Jul 2025 08:52 |
Last Modified: | 22 Jul 2025 08:09 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/59813 |