Siregar, Marisa Wati (2016) UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR ALAT UKUR DENGAN MENGGUNAKAN MULTIMEDIA INTERAKTIF PADA SISWA KELAS X DI SMK AL-WASHLIYAH 4 MEDAN TAHUN AJARAN 2015/2016. Masters thesis, UNIMED.
1. 8116122010 COVER PTK.pdf - Published Version
Download (44kB) | Preview
2. 8116122010 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (384kB) | Preview
3. 8116122010 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (102kB) | Preview
4. 8116122010 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (102kB) | Preview
5. 8116122010 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (180kB) | Preview
6. 8116122010 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
7. 8116122010 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
8. 8116122010 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (137kB) | Preview
9. 8116122010 BAB I.pdf - Published Version
Download (87kB) | Preview
13. 8116122010 BAB V.pdf - Published Version
Download (101kB) | Preview
14. 8116122010 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (101kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui peningkatan aktivitas belajar siswa pada pelajaran Alat Ukur dengan penggunaan Multimedia Interaktif dikelas X SMK Al-Washliyah 4 Medan.(2) Mengetahui peningkatan hasil belajar siswa pada pelajaran Alat Ukur dengan penggunaan multimedia interaktif dikelas X SMK Al-Washliyah 4 Medan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian adalah seluruh siswa kelas X SMK Al-Washliyah 4 Medan Semester 2 T.P 2015/2016 terdiri dari satu kelas dengan jumlah sampel 32 orang. Objek pada penelitian ini adalah penguatan struktur kognitif yang diukur melalui hasil belajar dan aktifitas belajar siswa dalam pembelajaran. Penelitian ini terdiri dari 2 siklus, siklus pertama terdiri dari 2 pertemuan dan siklus kedua terdiri dari 2 pertemuan. Tes hasil belajar dilakukan di akhir setiap siklus. Tes hasil belajar terdiri dari 20 soal. Hasil penelitian yaitu : (1) Terdapat peningkatan hasil belajar siswa kelas X SMK Al-Washliyah 4 Medan yang ditunjukkan dari peningkatan rata-rata skor tes hasil belajar sebesar 3,78 poin, persentase ketuntasan sebesar 61,50% dan peningkatan nilai tes hasil belajar dengan nilai Gain ternormalisasi sebesar 0,31 berkategori sedang. (2) Penggunaan multimedia interaktif macromedia flash dapat meningkatkan aktivitas dengan hasil observasi terhadap aktivitas pembelajaran guru di kelas, aktifitas belajar siswa meningkat sebesar 32.81%, yaitu dari 46,14% pada siklus pertama menjadi 78,96% pada siklus kedua. Hal ini menunjukan aktifitas belajar tergolong pada kategori aktif.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 373.246 Sir u |
Keywords: | Aktivitas belajar; Hasil belajar; Alat ukur; Mutimedia interaktif |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB1705 Education and training of teachers and administrators > LB1775 Professional aspects of teaching and school administrators. Vocational guidance L Education > LC Special aspects of education > LC1041 Vocational education (General) |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 23 Jun 2016 06:57 |
Last Modified: | 23 Jun 2016 06:57 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/5980 |