PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN DAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL TERHADAP HASIL BELAJAR KEWIRAUSAHAAN SISWA SMK PAB SAENTIS KABUPATEN DELI SERDANG

Tarigan, Yodia (2015) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN DAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL TERHADAP HASIL BELAJAR KEWIRAUSAHAAN SISWA SMK PAB SAENTIS KABUPATEN DELI SERDANG. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM 8136122060 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM 8136122060 COVER.pdf - Published Version

Download (44kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM 8136122060 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM 8136122060 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (220kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM 8136122060 ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
3. NIM 8136122060 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (35kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM 8136122060 PREPECE.pdf]
Preview
Text
4. NIM 8136122060 PREPECE.pdf - Published Version

Download (29kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM 8136122019 TABLE OF CONTENT..pdf]
Preview
Text
5. NIM 8136122019 TABLE OF CONTENT..pdf - Published Version

Download (28kB) | Preview
[thumbnail of 6.NIM 8136122060 TABLES.pdf]
Preview
Text
6.NIM 8136122060 TABLES.pdf - Published Version

Download (67kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM 8136122060 ILUSTRATION.pdf]
Preview
Text
7. NIM 8136122060 ILUSTRATION.pdf - Published Version

Download (40kB) | Preview
[thumbnail of 8.NIM 8136122060 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
8.NIM 8136122060 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (40kB) | Preview
[thumbnail of 9.NIM 8136122060 CHAPTER 1.pdf]
Preview
Text
9.NIM 8136122060 CHAPTER 1.pdf - Published Version

Download (52kB) | Preview
[thumbnail of 13.NIM8136122060 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13.NIM8136122060 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (37kB) | Preview
[thumbnail of 14.NIM8136122060 BIBLIOGRAFI.pdf]
Preview
Text
14.NIM8136122060 BIBLIOGRAFI.pdf - Published Version

Download (32kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) perbedaan pengaruh antara strategi pembelajaran quantum learning dan strategi pembelajaran mandiri terhadap hasil belajar kewirausahaan, (2) untuk mengetahui perbedaan hasil belajar kewirausahaan antara siswa dengan tingkat komunikasi interpesonal tinggi dengan hasil belajar siswa dengan komunikasi interpersonal rendah dan (3) untuk mengetahui interaksi antara strategi pembelajaran dan komunikasi interpersonal terhadap hasil belajar kewirausahaan .
Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI SMK PAB Saentis. Populasi terdiri atas empat kelas yang terdiri atas 123 siswa. Sampel penelitian ditetapkan kelas XI BM-1 yang menggunakan strategi pembelajaran quantum learning dan kelas XI BM-3 yang menggunakan strategi pembelajaran mandiri. Teknik penarikan sampel dilakukan dengan cluster random sampling. Intrumen penelitian ini untuk mengukur hasil belajar digunakan tes berbentuk pilihan ganda dengan 5 pilihan jawaban dengan jumlah soal sebanyak 40 soal, sedangkan untuk mendapatkan data tentang komunikasi interpersonal siswa digunakan angket berjumlah 42 butir pernyataan. Uji normalitas dengan uji Liliefors sedangkan uji homogenitas dengan uji Barlett. Teknik analisis data adalah Anava dua jalur pada taraf signifikansi α = 0,05 yang dilanjutkan dengan uji Scheffe.
Hasil penelitian adalah: (1) rata-rata hasil belajar siswa yang diajar dengan strategi pembelajaran quantum learning X = 26,4 lebih tinggi dari pada rata-rata hasil belajar siswa yang diajar dengan strategi pembelajaran mandiri X = 22,7 ,dengan Fhitung = 1,41 > Ftabel = 1,02, (2) rata-rata hasil belajar siswa dengan komunikasi interpersonal tinggi X = 32,75 lebih tinggi dari pada hasil belajar siswa dengan komunikasi interpersonal rendah X = 20,89 dengan Fhitung = 187,27 > Ftabel = 1,02, (3) terdapat interaksi antara strategi pembelajaran dan komunikasi interpersonal terhadap hasil belajar kewirausahaan dengan Fhitung = 1,17 > Ftabel = 1,02.
Dari hasil analisis data disimpulkan bahwa siswa dengan karakteristik komunikasi interpersonal tinggi, strategi yang tepat digunakan adalah strategi pembelajaran quantum learning sedangkan siswa dengan karakteristik komunikasi interpersonal rendah, strategi yang tepat digunakan adalah strategi pembelajaran mandiri. Implikasinya dari penelitian ini adalah peneraparan strategi pembelajaran Quantum Learning dan Mandiri harus disesuaikan dengan tinggi rendahnya tingkat komunikasi interpersonal. Disarankan kepada guru yang merencanakan untuk menerapkan strategi pembelajaran quantum learning harus mengetahui karakteristik komunikasi interpersonal siswa dan kepada peneliti lainnya, hasil penelitian ini dapat dipergunakan sebagai referensi untuk penelitian yang lebih jauh dan populasi yang berbeda serta jumlah sampel yang lebih besar sehingga hasil penelitian ini akan lebih bermanfaat bagi peningkatan kualitas hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 373.246 Tar p
Keywords: Hasil belajar; Matematika; Strategi pembelajaran; Quantum learning; Pembelajaran mandiri; Komunikasi interpersonal
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LB Theory and practice of education > LB1705 Education and training of teachers and administrators > LB1775 Professional aspects of teaching and school administrators. Vocational guidance
P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P94 Interpersonal communication
Divisions: Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 23 Jun 2016 03:30
Last Modified: 23 Jun 2016 03:30
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/5979

Actions (login required)

View Item
View Item