Br S. Maha, Emia (2024) PENGEMBANGAN MEDIA E-BOOKLET PADA MATERI PERSEBARAN FLORA DAN FAUNA DI KELAS XI SMAS KATOLIK BUDI MURNI 2 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
3202422014_Cover.pdf
Download (43kB)
3202422014_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (607kB)
3202422014_Abstrak.pdf
Download (73kB)
3202422014_Kata_Pengantar.pdf
Download (128kB)
3202422014_Daftar_Gambar.pdf
Download (135kB)
3202422014_Daftar_Tabel.pdf
Download (69kB)
3202422014_Daftar_Lampiran.pdf
Download (70kB)
3202422014_Daftar_Isi.pdf
Download (101kB)
3202422014_BAB_I.pdf
Download (236kB)
3193131001_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (636kB)
3193131001_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (569kB)
3193131001_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (977kB)
3193131001_BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
3193131001_BAB_VI.pdf
Download (165kB)
3193131001_Daftar_Pustaka.pdf
Download (166kB)
3193131001_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (7MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk 1) Mengembangkan media pembelajaran e-booklet pada materi persebaran flora dan fauna di kelas XI 4 SMAS Katolik Budi Murni 2 Medan, 2) Mengetahui kelayakan media pembelajaran e-booklet persebaran flora dan fauna di kelas XI 4 SMAS Katolik Budi Murni 2 Medan, 3) Mengetahui respon siswa terhadap e-booklet persebaran flora dan fauna di kelas XI 4 SMAS Katolik Budi Murni 2 Medan. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Research and Development (R&D) dengan model pengembangan 4D (Define, Design, Develop, Dissemination). Dilaksanakan pada 31 Oktober hingga 2 Desember 2023 dengan sampel siswa kelas XI 4 SMAS Katolik Budi Murni 2 Medan sebanyak 35 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner. Untuk mengetahui tingkat kelayakan media ditentukan dari hasil penilaian oleh ahli materi dan ahli media. Untuk mengetahui tingkat penerimaan siswa ditentukan dari hasil uji coba skala kecil dan sakala besar. Uji coba skala kecil dilakukan pada 10 siswa kelas XI 4 dan uji coba skala besar dilakukan pada 35 siswa kelas XI 4. Data yang sudah diperoleh kemudian dianalisis menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan 1) Pengembangan media pembelajaran e-booklet materi persebaran flora dan fauna dirancang dan disusun menggunakan aplikasi Canva dan website Heyzine yang terdiri dari 5 (lima) sub materi yaitu (a) defenisi flora dan fauna; (b) faktor persebaran flora dan fauna; (c) persebaran flora dan fauna di dunia; (d) persebaran flora dan fauna di Indonesia; (e) konservasi flora dan fauna di Indonesia. 2) Media pembelajaran e-booklet mendapat nilai kelayakan dari tim ahli materi dan ahli media dengan kelayakan materi sebesar 98,75% masuk kategori “Sangat Layak” dan mendapat nilai kelayakan media sebesar 97% masuk kategori “Sangat Layak”, maka dengan itu media e-booklet materi persebaran flora dan fauna dinyatakan layak untuk dapat digunakan dalam proses pembelajaran. 3) Hasil respon siswa berupa tingkat penerimaan siswa terhadap media e-booklet pada uji coba skala kecil memperoleh skor 84,6% dengan tingkat penerimaan masuk kategori “Sangat Baik” dan hasil respon siswa pada uji coba skala besar memperoleh skor 87,38% dengan tingkat penerimaan masuk kategori “Sangat Baik”.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | Pengembangan Media, E-Booklet, Persebaran Flora dan Fauna |
| Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi |
| Depositing User: | Siti Nur Fatimah |
| Date Deposited: | 17 Jul 2025 02:27 |
| Last Modified: | 17 Jul 2025 02:27 |
| URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/59785 |
