DESAIN MATERI AJAR TARI MANCANEGARA (SALSA) DALAM BENTUK AUDIO VISUAL UNTUK SISWA SEKOLAH MENENGAH ATAS KELAS XII

AZMI, CHAIRUL (2024) DESAIN MATERI AJAR TARI MANCANEGARA (SALSA) DALAM BENTUK AUDIO VISUAL UNTUK SISWA SEKOLAH MENENGAH ATAS KELAS XII. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 2193141009_Cover.pdf] Text
2193141009_Cover.pdf

Download (42kB)
[thumbnail of 2193141009_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
2193141009_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (217kB)
[thumbnail of 2193141009_Abstrak.pdf] Text
2193141009_Abstrak.pdf

Download (61kB)
[thumbnail of 2193141009_Kata_Pengantar.pdf] Text
2193141009_Kata_Pengantar.pdf

Download (161kB)
[thumbnail of 2193141009_Daftar_Isi.pdf] Text
2193141009_Daftar_Isi.pdf

Download (90kB)
[thumbnail of 2193141009_Daftar_Gambar.pdf] Text
2193141009_Daftar_Gambar.pdf

Download (79kB)
[thumbnail of 2193141009_Daftar_Tabel.pdf] Text
2193141009_Daftar_Tabel.pdf

Download (60kB)
[thumbnail of 2193141009_Daftar_Lampiran.pdf] Text
2193141009_Daftar_Lampiran.pdf

Download (60kB)
[thumbnail of 2193141009_BAB_I.pdf] Text
2193141009_BAB_I.pdf

Download (425kB)
[thumbnail of 2193141009_BAB_V.pdf] Text
2193141009_BAB_V.pdf

Download (88kB)
[thumbnail of 2193141009_Daftar_Pustaka.pdf] Text
2193141009_Daftar_Pustaka.pdf

Download (88kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan langkah-langkah mendesain Tari
Salsa sebagai materi ajar dalam bentuk Audio Visual sesuai dengan KD-3.2 yaitu:
mengidentifikasi jenis dan peran tari kelompok mancanegara (non-asia) dalam
konteks kehidupan budaya masyarakat, dan juga KD-4.2 yaitu: mempegelarkan
karya tari berdasarkan hasil identifikasi jenis dan peran tari kelompok
Mancanegara (non-Asia) dalam konteks kehidupan budaya masyarakatnya. Teori
desain materi ajar yang digunakan ialah teori Yono yaitu (2017), dan teori media
audio visual Menurut Hasanuddin (2017). Lokasi penelitian dilaksanakan di
studio dansa Ernie Yin's Studio dalam pengambilan gambar dan video dilakukan
di Gedung 68.2.12 Prodi Pendidikan Tari Universitas Negeri Medan. Model untuk
dokumentasi adalah dua orang penari. Teknik pengumpulan melalui obsevasi,
wawancara, dan dokumentasi. Metodologi penelitian dengan pengembangan
ADDIE. Penelitian bertujuan untuk menghasilkan langkah-langkah mendesain
Tari Salsa sebagai materi ajar dalam bentuk Audio visual sesuai dengan KD 3.2
dan 4.2. Model pengembangan ADDIE merupakan model yang digunakan pada
penelitian ini dengan terdiri dari 4 tahapan yang digunakan yaitu, 1. Analisis:
analisis terhadap kurikulum, analisis terhadap guru, dan analisis sesuai kebutuhan
siswa, 2. desain: perancangan yang melibatkan teknologi dan perancangan materi
sesuai kebutuhan yang digunakan, 3. development: pembuatan produk dengan
aplikasi capcut dengan menjadikan kerangka menjadi sebuah produk jadi, 4.
Implementasi, melakukan uji kelayakan materi dan uji kelayakan media dengan
memperoleh rata-rata 3,8 untuk uji materi dan 3,6 untuk uji media dan termasuk
kedalam kategori baik dalam skala likert. Sehingga hasil daripada penelitian ini
dikategorikan baik digunakan untuk siswa sekolah menengah atas kelas XII.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Desain Materi ajar, Media Audio Visual, ADDIE, Tari Salsa.
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV1580 Dancing
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Tari
Depositing User: Mrs Yuni Chairani
Date Deposited: 14 Feb 2025 08:01
Last Modified: 14 Feb 2025 08:01
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/59707

Actions (login required)

View Item
View Item