PENGEMBANGAN E-MODUL MENGGUNAKAN FLIPBOOK BERBASIS CREATIVE PROBLEM SOLVING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA

Giawa, Vian Anotona (2024) PENGEMBANGAN E-MODUL MENGGUNAKAN FLIPBOOK BERBASIS CREATIVE PROBLEM SOLVING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 4202111010_Cover.pdf] Text
4202111010_Cover.pdf

Download (185kB)
[thumbnail of 4202111010_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
4202111010_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 4202111010_Abstrak.pdf] Text
4202111010_Abstrak.pdf

Download (229kB)
[thumbnail of 4202111010_Kata_Pengantar.pdf] Text
4202111010_Kata_Pengantar.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 4202111010_Daftar_Isi.pdf] Text
4202111010_Daftar_Isi.pdf

Download (252kB)
[thumbnail of 4202111010_BAB_I.pdf] Text
4202111010_BAB_I.pdf

Download (287kB)
[thumbnail of 4202111010_BAB_V.pdf] Text
4202111010_BAB_V.pdf

Download (242kB)
[thumbnail of 4202111010_Daftar_Pustaka.pdf] Text
4202111010_Daftar_Pustaka.pdf

Download (192kB)

Abstract

Matematika merupakan ilmu universal yang mendasari perkembangan teknologi modern, berperan penting dalam berbagai disiplin ilmu, dan mengembangkan kemampuan berpikir manusia. pandangan bahwa matematika adalah ilmu yang melatih cara berpikir. Model pembelajaran Creative Problem Solving adalah suatu model pembelajaran yang melakukan pemusatan pada pengajaran dan keterampilan pemecahan masalah. Bahan ajar digital adalah bahan ajar yang menggunakan perangkat digital, seperti komputer, smartphone. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk melihat bagaimana kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan dari e-modul yang dikembangkan. Model pengembangan bahan ajar ini menggunakan model ADDIE. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 21 Medan yang berlokasi di Jl. Bunga Rampe Raya. Adapun waktu pelaksanaan panelitian yaitu semester genap tahun ajaran 2023/2024. Subjek penelitian ini merupakan murid kelas VII SMP Negeri 21 Medan. Sedangkan objek dalam penelitian ini adalah media pembelajaran berupa e-modul menggunakan flipbook berbasis Creative Problem Solving. E-modul menggunakan Flipbook berbasis Creative Problem Solving untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa dinyatakan sangat valid dengan nilai 3,56 dan berkategori sangat layak. E-modul menggunakan Flipbook berbasis Creative Problem Solving untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa dinyatakan sudah praktis dengan persentase 92,67% dan berkategori sangat praktis. E-modul menggunakan Flipbook berbasis Creative Problem Solving untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa dinyatakan efektif dengan tercapainya indikator pemecahan masalah pada indikator 1, 2, 3, dan 4 dengan jumlah siswa yang tuntas 65% siswa yang mengikuti pembelajaran. Ketercapaian indikator siswa secara klasikal telah memenuhi 65% siswa yang mengikuti pembelajaran dengan nilai 75. Dan didapat terjadinya peningkatan yang signifikan dari indikator 1, 2, 3, dan 4.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Pengembangan, E-Modul, Creative Problem Solving
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 14 Feb 2025 04:38
Last Modified: 14 Feb 2025 04:38
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/59700

Actions (login required)

View Item
View Item