PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTU ARTICULATE STORYLINE UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PADA SISWA KELAS XI SMAN 2 TANJUNG MORAWA

Pajariah, Sri Putri (2024) PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTU ARTICULATE STORYLINE UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PADA SISWA KELAS XI SMAN 2 TANJUNG MORAWA. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 4203111108_Cover.pdf] Text
4203111108_Cover.pdf

Download (13kB)
[thumbnail of 4203111108_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
4203111108_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (224kB)
[thumbnail of 4203111108_Abstrak.pdf] Text
4203111108_Abstrak.pdf

Download (9kB)
[thumbnail of 4203111108_Kata_Pengantar.pdf] Text
4203111108_Kata_Pengantar.pdf

Download (235kB)
[thumbnail of 4203111108_Daftar_Isi.pdf] Text
4203111108_Daftar_Isi.pdf

Download (640kB)
[thumbnail of 4203111108_BAB_I.pdf] Text
4203111108_BAB_I.pdf

Download (462kB)
[thumbnail of 4203111108_BAB_V.pdf] Text
4203111108_BAB_V.pdf

Download (112kB)
[thumbnail of 4203111108_Daftar_Pustaka.pdf] Text
4203111108_Daftar_Pustaka.pdf

Download (132kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat peningkatan kemampuan pemecahan masalah di kelas XI SMA Negeri 2 Tanjung Morawa dengan menggunakan model Problem Based Learning dengan berbantu media Articulate Storyline. Fokus penelitian ini iyalah kemampuan pemecahan masalah siswa kelas XI-2 SMA Negeri 2 Tanjung Morawa, yang terdiri dari 34 siswa. Penelitian ini menerapkan model Problem Based Learning dengan berbantu media Articulate Storyline untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Studi tindakan kelas ini dilakukan selama dua siklus. Hasil tes kemampuan awal menunjukkan bahwa siswa sangat kurang dalam menyelesaikan suatu permasalahan matematika, dengan rata-rata 51,65 dan hanya 2 orang siswa dari 34 siswa yang mencapai target keberhasilan (5,88%). Berdasarkan hasil analisis tes data siklus I, siswa yang memperoleh nilai ketuntasan sebanyak 13 orang siswa (38,23%) dan memperoleh rata-rata 67,64. Pada siklus II siswa memperoleh nilai rata-rata sebesar 81,25 dan jumlah siswa yang mengalami ketuntasan nilai klasikal sebesar 30 orang (88,23%).Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa salah satu cara untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa adalah dengan menerapkan model problem based learning dengan berbantu media Articulate Storyline.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Problem Based Learning, Articulate Storyline, Pemecahan Masalah
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 14 Feb 2025 04:22
Last Modified: 14 Feb 2025 04:22
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/59697

Actions (login required)

View Item
View Item