Sidabutar, Sifra Febrika Jaya (2024) PENGEMBANGAN e-LKPD BERBASIS DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS PESERTA DIDIK. Undergraduate thesis, UNIMED.
4203311075_Cover.pdf
Download (165kB)
4203311075_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (1MB)
4203311075_Abstrak.pdf
Download (277kB)
4203311075_Kata_Pengantar.pdf
Download (1MB)
4203311075_Daftar_Isi.pdf
Download (242kB)
4203311075_BAB_I.pdf
Download (409kB)
4203311075_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (685kB)
4203311075_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (569kB)
4203311075_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
4203311075_BAB_V.pdf
Download (242kB)
4203311075_Daftar_Pustaka.pdf
Download (257kB)
4203311075_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (6MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan produk e-LKPD berbasis discovery learning yang dikembangkan terhadap proses pembelajaran matematika untuk meningkatkan kemampuan penalaran matematis peserta didik. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 35 Medan pada semester genap T.A. 2023/2024. Desain penelitian ini menggunakan desain Penelitian dan Pengembangan (Research and Development) dengan menggunakan model ADDIE. Subjek pada penelitian ini adalah 40 orang siswa kelas VIII-1 dan objek penleitian ini adalah Lembar Kerja Peserta Didik (e-LKPD) yang dikembangkan berbasis discovery learning. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa produk e-LKPD berbasis discovery learning yang dikembangkan dinyatakan sangat valid dengan rata-rata 88,49% untuk ahli materi dan 92,36% untuk ahli media sehingga layak untuk diimplementasikan, praktis dengan persentase angket respon guru 90% dan persentase angket respon siswa 85,98% yang berarti sangat praktis serta diperoleh respon positif dari guru dan siswa, dan peningkatan kemampuan penalaran matematis peserta didik mencapai kategori tinggi dengan nilai N-Gain 0,85. Analisis data menggunakan uji kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan menunjukkan bahwa e-LKPD berbasis discovery learning yang dikembangkan valid, praktis, dan efektif digunakan pada proses pembelajaran matematika serta mampu meningkatkan kemampuan penalaran matematis peserta didik.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | e-LKPD Berbasis Discovery Learning, Kemampuan Penalaran Matematis |
| Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QA Mathematics |
| Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
| Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
| Date Deposited: | 14 Feb 2025 03:33 |
| Last Modified: | 10 Jul 2025 07:22 |
| URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/59690 |
