PENGEMBANGAN e-LKPD BERBASIS DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS PESERTA DIDIK

Sidabutar, Sifra Febrika Jaya (2024) PENGEMBANGAN e-LKPD BERBASIS DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS PESERTA DIDIK. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 4203311075_Cover.pdf] Text
4203311075_Cover.pdf

Download (165kB)
[thumbnail of 4203311075_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
4203311075_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 4203311075_Abstrak.pdf] Text
4203311075_Abstrak.pdf

Download (277kB)
[thumbnail of 4203311075_Kata_Pengantar.pdf] Text
4203311075_Kata_Pengantar.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 4203311075_Daftar_Isi.pdf] Text
4203311075_Daftar_Isi.pdf

Download (242kB)
[thumbnail of 4203311075_BAB_I.pdf] Text
4203311075_BAB_I.pdf

Download (409kB)
[thumbnail of 4203311075_BAB_V.pdf] Text
4203311075_BAB_V.pdf

Download (242kB)
[thumbnail of 4203311075_Daftar_Pustaka.pdf] Text
4203311075_Daftar_Pustaka.pdf

Download (257kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan produk e-LKPD berbasis discovery learning yang dikembangkan terhadap proses pembelajaran matematika untuk meningkatkan kemampuan penalaran matematis peserta didik. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 35 Medan pada semester genap T.A. 2023/2024. Desain penelitian ini menggunakan desain Penelitian dan Pengembangan (Research and Development) dengan menggunakan model ADDIE. Subjek pada penelitian ini adalah 40 orang siswa kelas VIII-1 dan objek penleitian ini adalah Lembar Kerja Peserta Didik (e-LKPD) yang dikembangkan berbasis discovery learning. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa produk e-LKPD berbasis discovery learning yang dikembangkan dinyatakan sangat valid dengan rata-rata 88,49% untuk ahli materi dan 92,36% untuk ahli media sehingga layak untuk diimplementasikan, praktis dengan persentase angket respon guru 90% dan persentase angket respon siswa 85,98% yang berarti sangat praktis serta diperoleh respon positif dari guru dan siswa, dan peningkatan kemampuan penalaran matematis peserta didik mencapai kategori tinggi dengan nilai N-Gain 0,85. Analisis data menggunakan uji kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan menunjukkan bahwa e-LKPD berbasis discovery learning yang dikembangkan valid, praktis, dan efektif digunakan pada proses pembelajaran matematika serta mampu meningkatkan kemampuan penalaran matematis peserta didik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: e-LKPD Berbasis Discovery Learning, Kemampuan Penalaran Matematis
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 14 Feb 2025 03:33
Last Modified: 14 Feb 2025 03:33
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/59690

Actions (login required)

View Item
View Item