Afandi, Muhammad (2016) PENINGKATAN MINAT DAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN KELISTRIKAN OTOMOTIF DENGAN MENGGUNAKAN METODE PEMBELAJARAN SIMULASI PADA SISWA KELAS XII TEKNIK KENDARAAN RINGAN SMK NEGERI 1 STABAT T.A. 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 5113122034 COVER.pdf - Published Version
Download (45kB) | Preview
2. NIM. 5113122034 RATIFICATION SHEET.pdf - Published Version
Download (320kB) | Preview
3. NIM. 5113122034 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (66kB) | Preview
4. NIM. 5113122034 ACKNOWLEDGEMENTS.pdf - Published Version
Download (64kB) | Preview
5. NIM. 5113122034 TABLE OF CONTEN.pdf - Published Version
Download (63kB) | Preview
6. NIM. 5113122034 LIST OF TABLE.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
7. NIM. 5113122034 LIST OF FIGURE.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
8. NIM. 5113122034 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
9. NIM. 5113122034 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (227kB) | Preview
13. NIM. 5113122034 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (71kB) | Preview
14. NIM. 5113122034 REFERENCES.pdf - Published Version
Download (63kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan minat dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Kelistrikan otomotif dan mengetahui sejauh mana peningkatan kemampuan siswa dengan menggunakan metode pembelajaran simulasi pada materi memahami dan memelihara sistem AC. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas XII Teknik Kendaraan Ringan SMK Negeri 1 Stabat sebanyak 28 orang. Objek penelitian ini adalah untuk meningkatkan minat dan hasil belajar kelistrikan otomotif dengan metode pembelajaran simulasi pada materi memahami dan memelihara sistem AC Tahun Ajaran 2015/2016. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Hasil belajar siklus I diperoleh 17 siswa (60,7%) telah mencapai ketuntasan belajar dan 11 siswa (39,3%) lainnya belum tuntas. Nilai rata-rata kelas 71,4 dengan tingkat ketuntasan secara klasikal sebesar 60,7%. Pada siklus II yang merupakan perbaikan pembelajaran yang telah diberikan pada siklus I, dari hasil tes belajar siklus II diperoleh 23 siswa (82,1%) telah mencapai ketuntasan belajar dan 5 siswa (17,9%) lainnya belum tuntas. Nilai rata-rata kelas meningkat menjadi 75 dengan tingkat ketuntasan belajar secara klasikal sebesar 82,1%. Jika dibandingkan data dari siklus I dan siklus II maka diperoleh nilai rata-rata pada 17 siswa disiklus I bertambah sebanyak 6 siswa disiklus II menjadi 23 siswa, sedangkan siswa yang tidak tuntas dalam belajar berkurang dari 11 siswa yang tidak tuntas di siklus I menjadi 5 siswa di siklus II. 2) Hasil minat belajar siswa pada siklus I diperoleh nilai rata-rata minat belajar siswa 3,65 (73%) dengan kriteria siswa minat, meningkat pada siklus II dengan nilai rata-rata minat belajar siswa 3,98 (79,6%) dengan kriteria siswa minat. Karena telah memenuhi kriteria ketuntasan belajar siswa dan mengalami peningkatan dari siklus I dan siklus II maka dapat disimpulakan bahwa metode pembelajaran simulasi dapat meningkatkan minat dan hasil belajar mata diklat Kelistrikan Otomotif pada siswa kelas XII teknik kendaraan ringan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 OTM 002 |
Keywords: | Minat Belajar; Hasil Belajar Kelistrikan Otomotif; Metode Simulasi; Penelitian Tindakan Kelas. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 22 Jun 2016 08:03 |
Last Modified: | 22 Jun 2016 08:03 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/5966 |