Anwar, Saipul (2016) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA KOMPETENSI MEMPERBAIKI SISTEM KOPLING DAN KOMPONENNYA KELAS XI TKR SMK BUDI AGUNG MEDAN T.A. 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 5103122035 COVER.pdf - Published Version
Download (40kB) | Preview
2. NIM 5103122035 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (580kB) | Preview
3. NIM. 5103122035 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
4. NIM. 5103122035 PREFACE.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
5. NIM. 5103122035 TABLE OF CONTENTS.pdf - Published Version
Download (143kB) | Preview
6. NIM. 5103122035 LIST OF TABLE.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
7. NIM. 5103122035 LIST OF ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
8. NIM. 5103122035 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
9. NIM. 5103122035 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (422kB) | Preview
13. NIM. 5103122035 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
14. NIM. 5103122035 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (212kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar kompetensi memperbaiki sistem kopling dan komponennya pada siswa kelas XI Teknik Kendaran Ringan SMK Budi Agung Medan melalui model Pembelajaran problem based learning. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan pada semester genap tahun ajaran 2015/2016 dengan jumlah siswa 30 orang. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus yang masing-masing siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Setiap siklus terdiri dari tahapan perencanaan (planning), tindakan (acting), pengamatan (observating), dan refleksi (reflecting). Teknik pengumpulan data dengan tes hasil belajar. Berdasarkan evaluasi hasil belajar pada setiap pembelajaran dan berdasarkan kriteria keberhasilan yang telah ditetapkan dalam penelitian ini, ditemukan pada nilai rata-rata pretest siswa 50,67, lalu pada pelaksanaan posttest siklus I meningkat menjadi 79,33. Kemudian setelah dilakukan tindakan perbaikan model pembelajaran problem based learnig pada siklus II terjadi peningkatan nilai rata-rata posttest siswa, nilai rata-rata posttest meningkat menjadi 89,0. Demikian halnya dengan ketuntasan belajar siswa siklus I sebanyak 19 orang siswa (63,33%) dinyatakan tuntas dan setelah dilakukan tindakan perbaikan siklus II sebanyak 25 orang siswa (83,33%) yang dinyatakan telah tuntas, sedangkan 5 orang siswa (16,67%) belum tuntas. Dengan demikian dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran problem based learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada kompetensi Memperbaiki Sistem Kopling dan Komponennya Kelas XI Teknik Kendaraan Ringan SMK Budi Agung Medan Tahun Ajaran 2015/2016.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 OTM 018 |
Keywords: | Hasil Belajar; Model Pembelajaran Problem Based Learning |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Otomotif |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 22 Jun 2016 07:56 |
Last Modified: | 22 Jun 2016 07:56 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/5965 |