Pengembangan Soal Berpikir Matematik Tingkat Tinggi Untuk Siswa SMP

Sinaga, Regina Sri Rezeki (2024) Pengembangan Soal Berpikir Matematik Tingkat Tinggi Untuk Siswa SMP. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 4183311017_Cover.pdf] Text
4183311017_Cover.pdf

Download (35kB)
[thumbnail of 4183311017_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
4183311017_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (237kB)
[thumbnail of 4183311017_Abstrak.pdf] Text
4183311017_Abstrak.pdf

Download (90kB)
[thumbnail of 4183311017_Kata_Pengantar.pdf] Text
4183311017_Kata_Pengantar.pdf

Download (157kB)
[thumbnail of 4183311017_Daftar_Isi.pdf] Text
4183311017_Daftar_Isi.pdf

Download (52kB)
[thumbnail of 4183311017_BAB_I.pdf] Text
4183311017_BAB_I.pdf

Download (232kB)
[thumbnail of 4183311017_BAB_V.pdf] Text
4183311017_BAB_V.pdf

Download (70kB)
[thumbnail of 4183311017_Daftar_Pustaka.pdf] Text
4183311017_Daftar_Pustaka.pdf

Download (143kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan sebuah instrumen soal yang valid, reliabel, dan praktis, dan mendeskripsikan kualitas instrumen soal yang baik untuk mengukur kemampuan berpikir matematik tingkat tinggi siswa SMP. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang diadaptasi dari model pengembangan Tessmer yang terdiri dari dua tahap yaitu tahap preliminary dan tahap prototyping. Subjek uji coba dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Medan. Instrumen yang digunakan adalah instrumen soal, lembar validasi dan lembar angket respon. Analisis data menggunakan analisis kualitatif dan kuantitatif untuk mengetahui kualitas instrumen soal yang ditinjau dari kriteria valid, reliabel, tingkat kesukaran, daya beda, dan kepraktisan. Hasil akhir pengembangan menunjukkan bahwa instrumen soal berpikir matematik tingkat tinggi yang berbentuk soal uraian dengan 6 butir soal layak digunakan. Instrumen soal dinyatakan valid berdasarkan penilaian ahli dengan skor rata-rata 98,06% dengan kategori sangat valid. Hasil kepraktisan instrumen soal didapat dari angket respon sebesar 3,48 dengan kategori praktis. Seluruh butir dalam instrumen soal dapat dikatakan valid dengan kriteria validitas soal 3 dan 5 sangat tinggi, soal 1,2, dan 6 tinggi dan soal 4 cukup. Instrumen soal yang dikembangkan memenuhi kriteria reliabel dengan reliabilitas sebesar 0,81. Instrumen soal memiliki tingkat kesukaran sedang dengan semua butir soal dapat memenuhi interval tingkat kesukaran sedang yaitu 0,3≤�≤0,7, dan instrumen soal memiliki daya pembeda baik dengan soal 3 pada kriteria sangat baik, soal 1,2, dan 5 pada kriteria baik, dan soal 4 dan 6 pada kriteria cukup.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Pengembangan, Soal, Berpikir Tingkat Tinggi, Matematik, SMP.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 06 Feb 2025 03:45
Last Modified: 06 Feb 2025 03:45
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/59604

Actions (login required)

View Item
View Item