Pengaruh Penerapan e-Modul Berbasis Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Pemacahan Masalah Matematis Peserta Didik SMPN 5 Medan

Sihombing, Rani Handayani (2024) Pengaruh Penerapan e-Modul Berbasis Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Pemacahan Masalah Matematis Peserta Didik SMPN 5 Medan. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 4203111068_Cover.pdf] Text
4203111068_Cover.pdf

Download (50kB)
[thumbnail of 4203111068_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
4203111068_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (370kB)
[thumbnail of 4203111068_Abstrak.pdf] Text
4203111068_Abstrak.pdf

Download (276kB)
[thumbnail of 4203111068_Kata_Pengantar.pdf] Text
4203111068_Kata_Pengantar.pdf

Download (257kB)
[thumbnail of 4203111068_Daftar_Isi.pdf] Text
4203111068_Daftar_Isi.pdf

Download (258kB)
[thumbnail of 4203111068_BAB_I.pdf] Text
4203111068_BAB_I.pdf

Download (567kB)
[thumbnail of 4203111068_BAB_V.pdf] Text
4203111068_BAB_V.pdf

Download (242kB)
[thumbnail of 4203111068_Daftar_Pustaka.pdf] Text
4203111068_Daftar_Pustaka.pdf

Download (262kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan e-Modul berbasis Problem Based Learning terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik kelas VIII SMP Negeri 5 Medan T.A 2023/2024. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif bersifat deskriptif dengan motode penelitian yang digunakan adalah metode quasi eksperimen design. Sampel dalan penelitian ini terdiri dari dua kelas yaitu kelas VIII-1 sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII-7 sebagai kelas kontrol. Kelas eksperimen menggunakan e-Modul berbasis Problem based learning dan kelas kontrol hanya menggunakan buku paket pengangan peserta didik. Pengumpulan data dilakukan menggunakan instrumen tes dan angket. Data yang diperoleh diolah secara deskriptif menggunakan IBM SPSS Statistics 22 for windows dan dianalisis dengan uji Independent Sample T-Test. Dari pengolahan dan analisis data diperoleh hasil yaitu persentase rata-rata nilai kelas eksperimen > kelas kontrol yaitu 81,60% > 74,60%, dengan uji Independent Sample T-Test diperoleh signifikasi data < 0,05 (0,000); H0 ditolak dan Ha diterima, artinya terdapat pengaruh penerapan e-Modul berbasis Problem based learning terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Kemampuan pemecahan masalah matematis, e-Modul, Problem based learning.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Q Science > QA Mathematics > QA273 Probabilities. Mathematical statistics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 06 Feb 2025 03:32
Last Modified: 06 Feb 2025 03:32
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/59601

Actions (login required)

View Item
View Item