PENGARUH PENERAPAN PENDEKATAN STEAM TERHADAP KREATIVITAS ANAK USIA DINI USIA 5-6 TAHUN DI RA AL-KAHFI KOTA MEDAN

Lestari, Kartika Indah (2024) PENGARUH PENERAPAN PENDEKATAN STEAM TERHADAP KREATIVITAS ANAK USIA DINI USIA 5-6 TAHUN DI RA AL-KAHFI KOTA MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1193113004_Cover.pdf] Text
1193113004_Cover.pdf

Download (112kB)
[thumbnail of 1193113004_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
1193113004_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (711kB)
[thumbnail of 1193113004_Abstrak.pdf] Text
1193113004_Abstrak.pdf

Download (252kB)
[thumbnail of 1193113004_Kata_Pengantar.pdf] Text
1193113004_Kata_Pengantar.pdf

Download (267kB)
[thumbnail of 1193113004_Daftar_Isi.pdf] Text
1193113004_Daftar_Isi.pdf

Download (130kB)
[thumbnail of 1193113004_Daftar_Gambar.pdf] Text
1193113004_Daftar_Gambar.pdf

Download (136kB)
[thumbnail of 1193113004_Daftar_Tabel.pdf] Text
1193113004_Daftar_Tabel.pdf

Download (140kB)
[thumbnail of 1193113004_Daftar_Lampiran.pdf] Text
1193113004_Daftar_Lampiran.pdf

Download (138kB)
[thumbnail of 1193113004_BAB_I.pdf] Text
1193113004_BAB_I.pdf

Download (378kB)
[thumbnail of 1193113004_BAB_V.pdf] Text
1193113004_BAB_V.pdf

Download (156kB)
[thumbnail of 1193113004_Daftar_Pustaka.pdf] Text
1193113004_Daftar_Pustaka.pdf

Download (282kB)

Abstract

Seseorang perlu dilatih kreativitasnya dalam merancang/menciptakan sesuatu
yang baru dan berguna bagi diri sendiri dan lingkungan untuk
mengekspresikan diri terutama pada anak usia dini usia 5-6 tahun untuk
menuju jenjang yang lebih tinggi yaitu sekolah dasar. Dalam memberikan
pengalaman kepada anak yaitu salah satunya menggunakan pendekatan
STEAM dimana pembelajaran yang mengintegrasikan Science, Technology,
Engineering, Art, and Mathematic dan dapat memfasilitasi pengembangan
kreativitasnya meliputi aspek kelancaran, keluwesan, elaborasi dan keaslian
dalam idenya untuk berpikir. Tujuan penelitian yaitu untuk mengetahui
pengaruh penerapan pendekatan STEAM terhadap kreativitas anak usia dini
usia 5-6 tahun di RA Al-Kahfi Kota Medan. Metode yang digunakan dalam
penelitian ini adalah metode eksperimental dengan tujuan untuk menguji efek
dari Penerapan Pendekatan STEAM terhadap kreativitas anak usia dini usia
5-6 Tahun di RA Al-Kahfi. Desain yang digunakan dalam penelitian ini
adalah Pra-Eksperimen, bentuk dari desainnya adalah One –Group Pretest-
Posttest. Teknik analisis yang dilakukan adalah teknik statistik deskriptif
dengan penyajian data yang digunakan untuk menganalisis data dengan cara
mendeskripsikan atau menggambarkan data telah terkumpul, diketahui bahwa
hasil penelitian yang sudah dilaksanakan yaitu pada tahap pretest
menunjukkan hasil skor rata-rata berjumlah 6,9 pada kategori MB (Mulai
Berkembang). Sedangkan pada tahap posttest hasil skor rata-rata berjumlah
11,9 dengan kategori BSH (Berkembang Sesuai Harapan). Hasil akhir pada
penelitian ini setelah dilakukan uji statistik Wilcoxon SPSS 26 menunjukkan
bahwa pada 11 sampel yang diberikan perlakuan data pretest dan posttest
mengalami peningkatan dan hasil signifikansi berjumlah 0,003 < 0,05 maka
hipotesis diterima yaitu terdapat pengaruh yang signifikan dari penerapan
pendekatan STEAM terhadap kreativitas anak usia dini usia 5-6 tahun di RA
Al-Kahfi Kota Medan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Kreativitas, Pendekatan STEAM, Anak Usia Dini Usia 5-6 Tahun
Subjects: H Social Sciences > HV Social pathology. Social and public welfare > HV697 Protection, assistance and relief > HV697.1 Special classes > HV701 Children
L Education > LB Theory and practice of education > LB1101 Child study
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > PG-PAUD
Depositing User: Muhammad Khomaini Wahyudi
Date Deposited: 21 Jul 2025 09:13
Last Modified: 21 Jul 2025 09:13
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/59595

Actions (login required)

View Item
View Item