Siregar, Putri Auliany (2024) Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Interaktif Melalui Macromedia Flash Untuk Meningkatkan Kemampuan Representasi Matematis Pada Siswa SMA Kelas XI. Undergraduate thesis, UNIMED.
![[thumbnail of 4193311072_Cover.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4193311072_Cover.pdf
Download (80kB)
![[thumbnail of 4193311072_Lembar_Pengesahan.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4193311072_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (757kB)
![[thumbnail of 4193311072_Abstrak.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4193311072_Abstrak.pdf
Download (313kB)
![[thumbnail of 4193311072_Kata_Pengantar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4193311072_Kata_Pengantar.pdf
Download (312kB)
![[thumbnail of 4193311072_Daftar_Isi.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4193311072_Daftar_Isi.pdf
Download (238kB)
![[thumbnail of 4193311072_BAB_I.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4193311072_BAB_I.pdf
Download (435kB)
![[thumbnail of 4193311072_BAB_V.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4193311072_BAB_V.pdf
Download (209kB)
![[thumbnail of 4193311072_Daftar_Pustaka.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4193311072_Daftar_Pustaka.pdf
Download (442kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran matematika interatif melalui macromedia flash yang valid, praktis dan efektifan. Jenis penelitian yang digunakan adalah research and develompment (R&D). Model pengembangan media ini pernah dikembangkan terutama berdasarkan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Ada pun subjek dalam penelitian ini adalah kelas XI IPA 6 SMA Negeri 11 Medan yang berjumlah 36 orang. Berdasarkan hasil uji yang dilakukan, diperoleh statistik dari validasi ahli materi dengan persentase rata-rata skor 91,96% berada pada kategori sangat valid, sedangkan hasil validasi media dengan persentase rata-rata skor 89,5% berada pada kategori sangat valid. Kepraktisan dilihat hasil persentase angket respon guru dengan persentase rata-rata 88,3% dan respon siswa dengan persentase rata-rata 75%, sehingga secara keseluruhan media pembelajaran yang dikembangkan oleh peneliti berada pada kategori sangat praktis. Keefektifan media pembelajaran matematika interaktif melalui macromedia flash dinyatkan efektif meningkatkan kemampuan representasi matematis siswa kelas XI IPA 6 SMA Negeri 11 Medan dengan skor N-Gain dengan rata-rata sebesar 74,13.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Media pembelajaran interaktif, Macromedia Flash, Representasi Matematis, ADDIE |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 06 Feb 2025 02:35 |
Last Modified: | 06 Feb 2025 02:35 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/59580 |