Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Interaktif Melalui Macromedia Flash Untuk Meningkatkan Kemampuan Representasi Matematis Pada Siswa SMA Kelas XI

Siregar, Putri Auliany (2024) Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Interaktif Melalui Macromedia Flash Untuk Meningkatkan Kemampuan Representasi Matematis Pada Siswa SMA Kelas XI. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 4193311072_Cover.pdf] Text
4193311072_Cover.pdf

Download (80kB)
[thumbnail of 4193311072_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
4193311072_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (757kB)
[thumbnail of 4193311072_Abstrak.pdf] Text
4193311072_Abstrak.pdf

Download (313kB)
[thumbnail of 4193311072_Kata_Pengantar.pdf] Text
4193311072_Kata_Pengantar.pdf

Download (312kB)
[thumbnail of 4193311072_Daftar_Isi.pdf] Text
4193311072_Daftar_Isi.pdf

Download (238kB)
[thumbnail of 4193311072_BAB_I.pdf] Text
4193311072_BAB_I.pdf

Download (435kB)
[thumbnail of 4193311072_BAB_V.pdf] Text
4193311072_BAB_V.pdf

Download (209kB)
[thumbnail of 4193311072_Daftar_Pustaka.pdf] Text
4193311072_Daftar_Pustaka.pdf

Download (442kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran matematika interatif melalui macromedia flash yang valid, praktis dan efektifan. Jenis penelitian yang digunakan adalah research and develompment (R&D). Model pengembangan media ini pernah dikembangkan terutama berdasarkan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Ada pun subjek dalam penelitian ini adalah kelas XI IPA 6 SMA Negeri 11 Medan yang berjumlah 36 orang. Berdasarkan hasil uji yang dilakukan, diperoleh statistik dari validasi ahli materi dengan persentase rata-rata skor 91,96% berada pada kategori sangat valid, sedangkan hasil validasi media dengan persentase rata-rata skor 89,5% berada pada kategori sangat valid. Kepraktisan dilihat hasil persentase angket respon guru dengan persentase rata-rata 88,3% dan respon siswa dengan persentase rata-rata 75%, sehingga secara keseluruhan media pembelajaran yang dikembangkan oleh peneliti berada pada kategori sangat praktis. Keefektifan media pembelajaran matematika interaktif melalui macromedia flash dinyatkan efektif meningkatkan kemampuan representasi matematis siswa kelas XI IPA 6 SMA Negeri 11 Medan dengan skor N-Gain dengan rata-rata sebesar 74,13.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Media pembelajaran interaktif, Macromedia Flash, Representasi Matematis, ADDIE
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 06 Feb 2025 02:35
Last Modified: 06 Feb 2025 02:35
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/59580

Actions (login required)

View Item
View Item