Sagala, Oktaviani Margaretha (2024) Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Berbasis Microlearning Terhadap Pemahaman Konsep Matematis Siswa SMP Free Methodist 1 Medan. Undergraduate thesis, UNIMED.
![[thumbnail of 4193311064_Cover.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4193311064_Cover.pdf
Download (205kB)
![[thumbnail of 4193311064_Lembar_Pengesahan.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4193311064_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (2MB)
![[thumbnail of 4193311064_Abstrak.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4193311064_Abstrak.pdf
Download (464kB)
![[thumbnail of 4193311064_Kata_Pengantar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4193311064_Kata_Pengantar.pdf
Download (324kB)
![[thumbnail of 4193311064_Daftar_Isi.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4193311064_Daftar_Isi.pdf
Download (431kB)
![[thumbnail of 4193311064_BAB_I.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4193311064_BAB_I.pdf
Download (463kB)
![[thumbnail of 4193311064_BAB_V.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4193311064_BAB_V.pdf
Download (463kB)
![[thumbnail of 4193311064_Daftar_Pustaka.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4193311064_Daftar_Pustaka.pdf
Download (444kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh model Discovery learning berbasis microlearning terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa di kelas VIII SMP Free Methodist 1 Medan. Seluruh kelas VIII SMP Free Methodist 1 Medan T.A 2023/2024 merupakan populasi penelitian. Terpilih satu kelas sebanyak 35 siswa. Pegambilan sampel menggunakan teknik Purposive sampling, dimana siswa kelas VIII-2 yang berjumlah 35 siswa yang merupakan kelas eksperimen menggunakan model discovery learning berbasis microlearning. Sebagai alat pengumpulan data diggunakan data pretest dan posttest. Berdasarkan data pretest nilai rata-rata siswa sebesar 36,67 dan nilai rata-rata posttest sebesar 77,56. Dengan menggunakan Paired Sampel T Tes, diperoleh nilai nilai yaitu 83,28 dengan taraf signifikansi α = 0,05. Untuk (dk = 34) maka nilai yaitu 2,032. Diperoleh yaitu 83,28 2,032 maka sesuai dengan kriteria pengujian bahwa Ho ditolak dan H1 diterima. Dan pada angket respon siswa diperoleh skor rata-rata keseluruhan aspek 155,2 dengan kategori setuju. Sehingga dapat disimpulkan ada pengaruh model discovery learning terhadap Pemahaman Konsep Matematis siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Pemahaman Konsep Matematis, Model Discovery Learning, Microlearning |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 06 Feb 2025 02:03 |
Last Modified: | 06 Feb 2025 02:03 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/59570 |