Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Berbasis Microlearning Terhadap Pemahaman Konsep Matematis Siswa SMP Free Methodist 1 Medan

Sagala, Oktaviani Margaretha (2024) Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Berbasis Microlearning Terhadap Pemahaman Konsep Matematis Siswa SMP Free Methodist 1 Medan. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 4193311064_Cover.pdf] Text
4193311064_Cover.pdf

Download (205kB)
[thumbnail of 4193311064_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
4193311064_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of 4193311064_Abstrak.pdf] Text
4193311064_Abstrak.pdf

Download (464kB)
[thumbnail of 4193311064_Kata_Pengantar.pdf] Text
4193311064_Kata_Pengantar.pdf

Download (324kB)
[thumbnail of 4193311064_Daftar_Isi.pdf] Text
4193311064_Daftar_Isi.pdf

Download (431kB)
[thumbnail of 4193311064_BAB_I.pdf] Text
4193311064_BAB_I.pdf

Download (463kB)
[thumbnail of 4193311064_BAB_II.pdf] Text
4193311064_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (512kB)
[thumbnail of 4193311064_BAB_III.pdf] Text
4193311064_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (521kB)
[thumbnail of 4193311064_BAB_IV.pdf] Text
4193311064_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (540kB)
[thumbnail of 4193311064_BAB_V.pdf] Text
4193311064_BAB_V.pdf

Download (463kB)
[thumbnail of 4193311064_Daftar_Pustaka.pdf] Text
4193311064_Daftar_Pustaka.pdf

Download (444kB)
[thumbnail of 4193311064_Lampiran.pdf] Text
4193311064_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh model Discovery learning berbasis microlearning terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa di kelas VIII SMP Free Methodist 1 Medan. Seluruh kelas VIII SMP Free Methodist 1 Medan T.A 2023/2024 merupakan populasi penelitian. Terpilih satu kelas sebanyak 35 siswa. Pegambilan sampel menggunakan teknik Purposive sampling, dimana siswa kelas VIII-2 yang berjumlah 35 siswa yang merupakan kelas eksperimen menggunakan model discovery learning berbasis microlearning. Sebagai alat pengumpulan data diggunakan data pretest dan posttest. Berdasarkan data pretest nilai rata-rata siswa sebesar 36,67 dan nilai rata-rata posttest sebesar 77,56. Dengan menggunakan Paired Sampel T Tes, diperoleh nilai nilai yaitu 83,28 dengan taraf signifikansi α = 0,05. Untuk (dk = 34) maka nilai yaitu 2,032. Diperoleh yaitu 83,28 2,032 maka sesuai dengan kriteria pengujian bahwa Ho ditolak dan H1 diterima. Dan pada angket respon siswa diperoleh skor rata-rata keseluruhan aspek 155,2 dengan kategori setuju. Sehingga dapat disimpulkan ada pengaruh model discovery learning terhadap Pemahaman Konsep Matematis siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Pemahaman Konsep Matematis, Model Discovery Learning, Microlearning
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 06 Feb 2025 02:03
Last Modified: 10 Jul 2025 03:48
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/59570

Actions (login required)

View Item
View Item