Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Berbasis Microlearning Terhadap Pemahaman Konsep Matematis Siswa SMP Free Methodist 1 Medan

Sagala, Oktaviani Margaretha (2024) Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Berbasis Microlearning Terhadap Pemahaman Konsep Matematis Siswa SMP Free Methodist 1 Medan. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 4193311064_Cover.pdf] Text
4193311064_Cover.pdf

Download (205kB)
[thumbnail of 4193311064_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
4193311064_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of 4193311064_Abstrak.pdf] Text
4193311064_Abstrak.pdf

Download (464kB)
[thumbnail of 4193311064_Kata_Pengantar.pdf] Text
4193311064_Kata_Pengantar.pdf

Download (324kB)
[thumbnail of 4193311064_Daftar_Isi.pdf] Text
4193311064_Daftar_Isi.pdf

Download (431kB)
[thumbnail of 4193311064_BAB_I.pdf] Text
4193311064_BAB_I.pdf

Download (463kB)
[thumbnail of 4193311064_BAB_V.pdf] Text
4193311064_BAB_V.pdf

Download (463kB)
[thumbnail of 4193311064_Daftar_Pustaka.pdf] Text
4193311064_Daftar_Pustaka.pdf

Download (444kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh model Discovery learning berbasis microlearning terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa di kelas VIII SMP Free Methodist 1 Medan. Seluruh kelas VIII SMP Free Methodist 1 Medan T.A 2023/2024 merupakan populasi penelitian. Terpilih satu kelas sebanyak 35 siswa. Pegambilan sampel menggunakan teknik Purposive sampling, dimana siswa kelas VIII-2 yang berjumlah 35 siswa yang merupakan kelas eksperimen menggunakan model discovery learning berbasis microlearning. Sebagai alat pengumpulan data diggunakan data pretest dan posttest. Berdasarkan data pretest nilai rata-rata siswa sebesar 36,67 dan nilai rata-rata posttest sebesar 77,56. Dengan menggunakan Paired Sampel T Tes, diperoleh nilai nilai yaitu 83,28 dengan taraf signifikansi α = 0,05. Untuk (dk = 34) maka nilai yaitu 2,032. Diperoleh yaitu 83,28 2,032 maka sesuai dengan kriteria pengujian bahwa Ho ditolak dan H1 diterima. Dan pada angket respon siswa diperoleh skor rata-rata keseluruhan aspek 155,2 dengan kategori setuju. Sehingga dapat disimpulkan ada pengaruh model discovery learning terhadap Pemahaman Konsep Matematis siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Pemahaman Konsep Matematis, Model Discovery Learning, Microlearning
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 06 Feb 2025 02:03
Last Modified: 06 Feb 2025 02:03
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/59570

Actions (login required)

View Item
View Item