UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERTIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) PADA KONSEP GENERATOR LISTRIK KELAS X SMK MANDIRI PERCUT SEI TUAN TAHUN PELAJARAN 2015/2016

Malau, Alex Sugianto (2016) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERTIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) PADA KONSEP GENERATOR LISTRIK KELAS X SMK MANDIRI PERCUT SEI TUAN TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM 5113122002 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM 5113122002 COVER.pdf - Published Version

Download (40kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM 5113122002 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM 5113122002 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (228kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM 5113122002 STATEMENT SHEET.pdf]
Preview
Text
3. NIM 5113122002 STATEMENT SHEET.pdf - Published Version

Download (259kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM 5113122002 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
4. NIM 5113122002 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (198kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM 5113122002 PREFACE.pdf]
Preview
Text
5. NIM 5113122002 PREFACE.pdf - Published Version

Download (189kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM 5113122002 TABLE OF CONTENTS.pdf]
Preview
Text
6. NIM 5113122002 TABLE OF CONTENTS.pdf - Published Version

Download (142kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM 5113122002 TABLE.pdf]
Preview
Text
7. NIM 5113122002 TABLE.pdf - Published Version

Download (113kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM 5113122002 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
8. NIM 5113122002 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM 5113122002 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM 5113122002 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (393kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM 5113122002 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM 5113122002 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (184kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM 5113122002 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM 5113122002 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (141kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan karena rendahnya hasil belajar pada kompetensi dasar konsep generator listrik dari 36 siswa yang dinyatakan lulus (KKM ≥ 75) 22 siswa atau sekitar 61,11% dan 14 siswa lagi dinyatakan tidak lulus atau sekitar 38,89%. Dengan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar pada kompetensi dasar konsep generator listrik. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Mandiri Percut Sei Tuan, objek dari penelitian ini satu kelas, yaitu kelas X TKR yang berjumlah 40 siswa. Penelitian ini merupakan Penelitan Tindakan Kelas dengan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT). Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus, dimana dari tiap siklus memiliki tahapan berupa: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini berpedoman pada teknik observasi dan tes. Observasi yang dilakukan terhadap siswa untuk mengetahui aktivitas siswa selama proses pembelajaran berlangsung. Sedangkan tes hasil belajar dibagi menjadi 2 yaitu tes kemampuan awal (pre test) dan tes kemampuan akhir (post test). Hasil penelitian diperoleh bahwa terjadi peningkatan hasil belajar. Hal ini ditunjukkan dengan meningkatnya persentase ketuntasan klasikal dari 67,5% pada siklus I menjadi 82,5% pada siklus II dan juga nilai rata-rata kelas yang meningkat dari 75,12 pada siklus I menjadi 77,32 pada siklus II. Aktivitas belajar siswa juga mengalami penigkatan yaitu 52,5% pada siklus I menjadi 82,5% pada siklus II.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2016 OTM 006
Keywords: Hasil Belajar Siswa; Model Pembelajaran kooperatif Numbered Head Together; Konsep Generator Listrik
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery > TJ170 Mechanics applied to machinery. Dynamics
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Otomotif
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 22 Jun 2016 07:17
Last Modified: 22 Jun 2016 07:17
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/5957

Actions (login required)

View Item
View Item