Siregar, Efriani (2015) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DAN PENGUASAAN KOSAKATA TERHADAP KEMAMPUAN SISWA DALAM MEMAHAMI WACANA BAHASA ARAB SISWA KELAS X MAN KISARAN. Masters thesis, UNIMED.
1 Cover.pdf - Published Version
Download (23kB) | Preview
2 Lembar Persetujuan dan Pengesahan.pdf - Published Version
Download (345kB) | Preview
3 Abstrak.pdf - Published Version
Download (186kB) | Preview
4 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (136kB) | Preview
5 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (215kB) | Preview
6 Daftar Tabel.pdf - Published Version
Download (144kB) | Preview
7 Daftar Gambar.pdf - Published Version
Download (96kB) | Preview
8 Daftar Lampiran.pdf - Published Version
Download (95kB) | Preview
9 BAB I.pdf - Published Version
Download (228kB) | Preview
13 BAB V.pdf - Published Version
Download (105kB) | Preview
14 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (320kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) kemampuan siswa hasil belajar bahasa Arab siswa Madrasah Aliyah Negeri Kisaran yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe TPS lebih tinggi dibandingkan hasil belajar bahasa arab yang diajarkan dengan model pembelajaran langsung, (2) secara keseluruhan, siswa yang memiliki tingkat pengusaan kosakata tinggi memiliki hasil belajar bahasa Arab yang lebih tinggi dibanding siswa yang memiliki tingkat penguasaan kosakata rendah, (3) terdapat interaksi antara model pembelajaran dan penguasaan kosakata terhadap kemampuan siswa dalam memahami wacana bahasa Arab siswa kela X Madrasah Aliyah Negeri Kisaran.
Penelitian ini dilakukan pada siswa MAN Kisaran kelas X semester ganjil tahun ajaran 2015/2016 terhadap kemampuan siswa memahami wacana bahasa Arab. Teknik pengambilan sampel digunakan dengan Cluster Random Sampling berdasarkan tingkat penguasaan kosakata siswa, sehingga sampel penelitian ini pada kelompok pembelajaran masing-masing terdiri dari 42 untuk eksperimen dan 42 orang untuk kelompok kontrol. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen dengan faktorial 2 x 2. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis varian dua jalur dengan taraf signifikansi α = 0,05 dengan Uji F, pengujian lanjut menggunakan Uji Scheffe.
Temuan penelitian menunjukan (1) Kemampuan siswa dalam memahami wacana bahasa Arab siswa kelas X MAN Kisaran yang diajarkan dengan model pembelajaran kooperatif TPS lebih tinggi dibandingkan dengan model pembelajaran langsung pada taraf signifikan = 0,05 dengan Fh sebesar 4,08 dan Ftabel = 3,96, jadiFhitung> Ftabel = 4,08>3,96. Hipotesis Telah teruji kebenarannya Ha diterima dan Ho ditolak. (2) hasil perhitungan tentang perbedaan kemampuan siswa dalam memahami wacana bahasa Arab antara kelompok siswa yang memiliki tingkat penguasaan kosakata tinggi dan tingkat penguasaan kosakata rendah pada taraf signifikansi α = 0,05 dengan Fh sebesar 27,45 dan Ftabel = 3,96 jadi Fhitung> Ftabel = 27,45>3,96, maka hipotesis telah teruji kebenaranya Ha diterima dan Ho ditolak, (3) Besarnya rata-rata kemampuan siswa dalam memahami wacana bahasa Arab setiap pembelajaran X ̅A1B1 = 45,42 danX ̅A1B2 = 36,96 sedangkan X ̅A2B1 = 39,71danX ̅A2B2 = 38,05. Hasil perhitungan Anava Factorial diperoleh hasil perhitungan Fh = 14,01 dan harga tabel adalah Ft(0,05)(1,80) = 3,96, sehingga dapat dinyatakan Fh(14,01) > Ft(3,96), maka hipotesis telah teruji kebenarannya Ha diterima Ho ditolak.
Dengan demikian semakin baik model pembelajaran yang digunakan dalam menyampaikan pembelajaran wacana bahasa Arab, maka semakin tinggi hasil kemampuan siswa dalam memahami wacana bahasa Arab, atau semakin tinggi keaktifan siswa dalam belajar dengan model pembelajaran, maka semakin tinggi pencapaian kompetensi yang diperoleh siswa, interaksi antara model pembelajaran dan tingkat penguasaan kosakata akan memberikan dampak positif dalam meningkatkan kemampuan siswa dalam memahami wacana bahasa Arab. Akan tetapi pengaruh model pembelajaran lebih banyak memberikan pengaruh terhadap kemampuan siswa dalam memahami wacana bahasa Arab dibandingkan dengan tingkat penguasaan kosakata.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 372.44 Sir p |
Keywords: | Model pembelajaran; Pembelajaran langsung; Penguasaan kosakata |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P101 Language. Linguistic theory. Comparative grammar |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 22 Jun 2016 07:17 |
Last Modified: | 22 Jun 2016 07:17 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/5956 |