AGUSTINA, RINI (2024) PENGARUH PENERAPAN APLIKASI GAMES WORDWALL TERHADAP KETERAMPILAN MENYIMAK SISWA KELAS V SDN 105292 BANDAR KLIPPA T.A 2023/2024. Undergraduate thesis, UNIMED.
![[thumbnail of 1203311035_Cover.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1203311035_Cover.pdf
Download (239kB)
![[thumbnail of 1203311035_Lembar_Pengesahan.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1203311035_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (905kB)
![[thumbnail of 1203311035_Abstrak.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1203311035_Abstrak.pdf
Download (243kB)
![[thumbnail of 1203311035_Kata_Pengantar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1203311035_Kata_Pengantar.pdf
Download (498kB)
![[thumbnail of 1203311035_Daftar_Isi.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1203311035_Daftar_Isi.pdf
Download (268kB)
![[thumbnail of 1203311035_Daftar_Gambar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1203311035_Daftar_Gambar.pdf
Download (209kB)
![[thumbnail of 1203311035_Daftar_Tabel.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1203311035_Daftar_Tabel.pdf
Download (213kB)
![[thumbnail of 1203311035_Daftar_Lampiran.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1203311035_Daftar_Lampiran.pdf
Download (212kB)
![[thumbnail of 1203311035_BAB_I.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1203311035_BAB_I.pdf
Download (527kB)
![[thumbnail of 1203311035_BAB_V.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1203311035_BAB_V.pdf
Download (240kB)
![[thumbnail of 1203311035_Daftar_Pustaka.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1203311035_Daftar_Pustaka.pdf
Download (413kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan aplikasi Games Wordwall terhadap keterampilan menyimak pada siswa kelas V SDN 105292 Bandar Klippa. Hal ini dilakukan berdasarkan permasalahan dilapangan dimana proses pembelajaran siswa tidak menyimak dengan baik dan guru masih menggunakan pembelajaran teacher center, sehingga proses pembelajaran menjadi monoton. Jenis penelitian ini merupakan eksperimen semu dengan jenis Quasi Experimental Design. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu menggunakan tes. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari dua kelas terdapat 66 siswa dan terbagi menjadi 2 yaitu kelas VA yang berjumlah 34 siswa dan kelas VB yang berjumlah 32. Kemudian siswa kelas VA sebagai kelas eksperimen yang akan diberi perlakuan menggunakan aplikasi Games Wordwall dan kelas VB sebagai kelas kontrol tidak diberi perlakuan yang menggunakan aplikasi Games Wordwall. Perolehan nilai rata-rata pretest dan posttest kelas ekperimen dari nilai 40,292 menjadi 81,471 dan nilai rata-rata pretest dan posttest kelas kontrol dari nilai 34,688 menjadi 74,063.. Hasil penelitian ini meunjukaan terdapat pengaruh penerapan aplikasi Games wordwall terhadap keterampilan menyimak siswa kelas V SDN 105292 Bandar Klippa. Analisis data menggunakan uji independent sampel T-Test, dari hasil perhitungan diperoleh thitung 4,245 dan ttabel 1,997 (4,245 > 1,997), maka Ho ditolak dan Ha diterima. Namun, jika ditinjau lebih lanjut dari nilai rata-rata pretest dan posttest kelas ekperimen dan kelas kontrol sebenarnya tidak terlihat pengaruh yang cukup signifikansi antara penerapan aplikasi Games Wordwall dengan pembelajaran teacher center (ceramah), karena memiliki rentang derajat peningkatan yang hampir sama, baik di kelas ekperimen dan kelas kontrol.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Games Wordwall, Keterampilan Menyimak, Media Pembelajaran |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Muhammad Khomaini Wahyudi |
Date Deposited: | 21 Jul 2025 09:17 |
Last Modified: | 21 Jul 2025 09:17 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/59559 |