PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN GAME INTERAKTIF BERBANTUAN WORDWALL PADA TEMA 1 SUBTEMA 2 PEMBELAJARAN 1 KELAS V SD NEGERI 106813 AMPLAS T.A 2023/2024

TARIGAN, MUTIARA SANI (2024) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN GAME INTERAKTIF BERBANTUAN WORDWALL PADA TEMA 1 SUBTEMA 2 PEMBELAJARAN 1 KELAS V SD NEGERI 106813 AMPLAS T.A 2023/2024. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1193311023_Cover.pdf] Text
1193311023_Cover.pdf

Download (121kB)
[thumbnail of 1193311023_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
1193311023_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (347kB)
[thumbnail of 1193311023_Abstrak.pdf] Text
1193311023_Abstrak.pdf

Download (209kB)
[thumbnail of 1193311023_Kata_Pengantar.pdf] Text
1193311023_Kata_Pengantar.pdf

Download (193kB)
[thumbnail of 1193311023_Daftar_Isi.pdf] Text
1193311023_Daftar_Isi.pdf

Download (164kB)
[thumbnail of 1193311023_Daftar_Gambar.pdf] Text
1193311023_Daftar_Gambar.pdf

Download (110kB)
[thumbnail of 1193311023_Daftar_Tabel.pdf] Text
1193311023_Daftar_Tabel.pdf

Download (111kB)
[thumbnail of 1193311023_Daftar_Lampiran.pdf] Text
1193311023_Daftar_Lampiran.pdf

Download (109kB)
[thumbnail of 1193311023_BAB_I.pdf] Text
1193311023_BAB_I.pdf

Download (432kB)
[thumbnail of 1193311023_BAB_V.pdf] Text
1193311023_BAB_V.pdf

Download (163kB)
[thumbnail of 1193311023_Daftar_Pustaka.pdf] Text
1193311023_Daftar_Pustaka.pdf

Download (139kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan Media Pembelajaran Game Interaktif
Berbantuan Wordwall yang valid, praktis dan efektif dalam menunjang
keberhasilan pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan
(Resesrch and Develoment) menggunakan model pengembangan ADDIE
(Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Subjek penelitian
ini adalah peserta didik kelas V SDN 106813 Amplas dan objek penelitian ini
adalah Media Pembelajaran Game Interaktif Berbantuan Wordwall. Hasil
penelitian menunjukan validasi oleh ahli materi tahap I sebelum revisi
memperoleh persentase 68% kategori “Layak dengan Revisi” kemudian pada
tahap II memperoleh persentase 89,33% kategori “Sangat Layak tanpa Revisi”
dan hasil validasi desain tahap I memperoleh persentase 62,5% “Layak dengan
Revisi” kemudian pada tahap II memperoleh persentase 73,75% “Layak tanpa
Revisi”. Uji praktis oleh praktisi Pendidikan memperoleh persentase 96% kategori
“Sangat Praktis” dan hasil respon peserta didik pada uji coba lapangan pada uji
coba perorangan memperoleh hasil 93%, pada uji coba kelompok kecil
memperoleh persentase 97%, dan uji coba kelompok besar atau lapangan
memperoleh hasil persentase 98%. Hasil uji efektivitas media melalui pretest
memperoleh rata-rata 55,3% dengan kriteria ketuntasan “Tidak Tuntas”
sedangkan pada posttest memperoleh rata-rata 80,35% dengan kriteria ketuntasan
“Tuntas”. Dapat disimpulkan bahwa produk yang dikembangkan merupakan
sangat layak, praktis dan efektif untuk digunakan dalam pembelajaran di sekolah
dasar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Pengembangan, Media Pembelajaran, Game Interaktif, Wordwall
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Muhammad Khomaini Wahyudi
Date Deposited: 21 Jul 2025 09:21
Last Modified: 21 Jul 2025 09:21
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/59541

Actions (login required)

View Item
View Item