Suswita, Wike (2016) PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN ALAT SIMULASI SISTEM KELISTRIKAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MATA DIKLAT SISTEM KELISTRIKAN KELAS XI PROGRAM KOMPETENSI TEKNIK KENDARAAN RINGAN SMK NEGERI 1 PERBAUNGAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
01. NIM 5113122046 COVER.pdf - Published Version
Download (89kB) | Preview
02. NIM. 5113122046 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (391kB) | Preview
03. NIM 5113122046 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
04. NIM 5113122046 PREFACE.pdf - Published Version
Download (129kB) | Preview
05. NIM 5113122046 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (123kB) | Preview
06. NIM 5113122046 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
07. NIM 5113122046 DAFTAR TABLE.pdf - Published Version
Download (82kB) | Preview
08. NIM 5113122046 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
09. NIM 5113122046 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (359kB) | Preview
13. NIM 5113122046 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (117kB) | Preview
14. NIM 5113122046 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (134kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah: Untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata diklat sistem kelistrikan dan mengetahui sejauh mana peningkatan kemampuan siswa dengan menggunakan media pembelajaran alat simulasi sistem kelistrikan pada materi sistem penerangan dan kelengkapan tambahan. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research). Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas XI SMK Negeri 1 Perbaungan sebanyak 30 orang. Objek penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan media pembelajaran alat simulasi sistem kelistrikan pada materi sistem penerangan dan kelengkapan tambahan 2015/2016.
Berdasarkan hasil analisis data hasil belajar siklus I diperoleh 19 siswa (63,3%) telah mencapai ketuntasan belajar dan 11 siswa (36,7%) lainnya belum tuntas. Nilai rata-rata kelas 72.09 dengan tingkat ketuntasan secara klasikal sebesar 63,3%. Pada siklus II yang merupakan perbaikan pembelajaran yang telah diberikan pada siklus I, dari hasil tes belajar siklus II diperoleh 26 siswa (86,7%) telah mencapai ketuntasan belajar dan 4 siswa (13,3%) lainnya belum tuntas. Nilai rata-rata kelas meningkat menjadi 81.8 dengan tingkat ketuntasan belajar secara klasikal sebesar 86,7%. Jika dibandingkan data dari siklus I dan siklus II maka diperoleh nilai rata-rata pada 19 siswa disiklus I bertambah sebanyak 7 siswa disiklus II menjadi 26 siswa, sedangkan siswa yang tidak tuntas dalam belajar berkurang dari 11 siswa yang tidak tuntas disiklus I menjadi 4 siswa di siklus II.
Karena telah memenuhi kriteria ketuntasan belajar siswa dan mengalami peningkatan dari siklus I dan siklus II maka dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran alat simulasi sistem kelistrikan dapat meningkatkan kemampuan pada materi sistem penerangan dan kelengkapan tambahan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 OTM 003 |
Keywords: | Hasil Belajar; Sistem Kelistrikan; Media; Alat Simulasi; Penelitian Tindakan Kelas. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 22 Jun 2016 07:01 |
Last Modified: | 22 Jun 2016 07:01 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/5954 |