PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN PUZZLE TERHADAP HASIL BELAJAR TEMATIK SISWA KELAS VI SD NEGERI 034791 TANJUNG BERINGIN

MALAU, LIDIA (2024) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN PUZZLE TERHADAP HASIL BELAJAR TEMATIK SISWA KELAS VI SD NEGERI 034791 TANJUNG BERINGIN. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1191111048_Cover.pdf] Text
1191111048_Cover.pdf

Download (43kB)
[thumbnail of 1191111048_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
1191111048_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (358kB)
[thumbnail of 1191111048_Abstrak.pdf] Text
1191111048_Abstrak.pdf

Download (62kB)
[thumbnail of 1191111048_Kata_Pengantar.pdf] Text
1191111048_Kata_Pengantar.pdf

Download (93kB)
[thumbnail of 1191111048_Daftar_Isi.pdf] Text
1191111048_Daftar_Isi.pdf

Download (87kB)
[thumbnail of 1191111048_Daftar_Gambar.pdf] Text
1191111048_Daftar_Gambar.pdf

Download (32kB)
[thumbnail of 1191111048_Daftar_Tabel.pdf] Text
1191111048_Daftar_Tabel.pdf

Download (33kB)
[thumbnail of 1191111048_Daftar_Lampiran.pdf] Text
1191111048_Daftar_Lampiran.pdf

Download (31kB)
[thumbnail of 1191111048_BAB_I.pdf] Text
1191111048_BAB_I.pdf

Download (256kB)
[thumbnail of 1191111048_BAB_V.pdf] Text
1191111048_BAB_V.pdf

Download (115kB)
[thumbnail of 1191111048_Daftar_Pustaka.pdf] Text
1191111048_Daftar_Pustaka.pdf

Download (132kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran
Puzzle Terhadap Hasil Belajar Tematik Siswa Kelas VI SD Negeri 034791
Tanjung Beringin T.A 2022/2023. Jenis penelitian ini adalah penelitian preexperimental
designs dengan bentuk penelitian one group pretest posttest. Subjek
penelitian ini adalah siswa kelas VI yang berjumlah 20 siswa SDN 034791
Tanjung Beringin. Instrumen yang digunakan dalam aktivitas belajar siswa
sebelumnya diujicobakan untuk mengetahui validitas dan reliabilitas tes.
Intrumen diberikan sebelum dan sesudah pemberian media pembelajaran puzzle.
Teknik analisis yang dilakukan adalah uji normalitas dan uji hipotesis yaitu uji-t.
Sebelum dilakukan uji hipotesis, terlebih dahulu dilakukan uji prasyarat yaitu uji
normalitas. Berdasarkan hasil perhitungan uji prasyarat, pada data pre test
diperoleh rata-rata dengan hasil 49,95 posttest diperoleh hasil 79,2 yang berarti
nilai keduanya > 0,05 sehingga dapat dikatakan bahwa kedua data tersebut
berdistribusi normal. Selanjutnya dilakukan uji hipotesis dan hasil penelitian
menunjukkan thitung = 29,99 dan ttabel = 11,68. Dari data tersebut dapat
diketahui bahwa thitung > ttabel yaitu 29,99 > 11,68. Hal ini berarti Ha diterima
maka terdapat pengaruh yang signifikan dari penggunaan media pembelajaran
Puzzle untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV di SDN 034791 Tanjung
Beringin, Kecamatan Tigalingga, Kabupaten Dairi T.A 2022/2023.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Hasil Belajar, Media Pembelajaran Puzzle
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Muhammad Khomaini Wahyudi
Date Deposited: 21 Jul 2025 09:22
Last Modified: 21 Jul 2025 09:22
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/59531

Actions (login required)

View Item
View Item