Analisis Kesalahan Siswa SMP Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Berdasarkan Prosedur Pemecahan Masalah Menurut Polya

Rambe, Nurul Fauzyah (2024) Analisis Kesalahan Siswa SMP Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Berdasarkan Prosedur Pemecahan Masalah Menurut Polya. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 4202311001_Cover.pdf] Text
4202311001_Cover.pdf

Download (39kB)
[thumbnail of 4202311001_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
4202311001_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (245kB)
[thumbnail of 4202311001_Abstrak.pdf] Text
4202311001_Abstrak.pdf

Download (219kB)
[thumbnail of 4202311001_Kata_Pengantar.pdf] Text
4202311001_Kata_Pengantar.pdf

Download (281kB)
[thumbnail of 4202311001_Daftar_Isi.pdf] Text
4202311001_Daftar_Isi.pdf

Download (231kB)
[thumbnail of 4202311001_BAB_I.pdf] Text
4202311001_BAB_I.pdf

Download (529kB)
[thumbnail of 4202311001_BAB_V.pdf] Text
4202311001_BAB_V.pdf

Download (237kB)
[thumbnail of 4202311001_Daftar_Pustaka.pdf] Text
4202311001_Daftar_Pustaka.pdf

Download (341kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan jenis kesalahan, faktor penyebab, dan solusi untuk mengurangi kesalahan yang dilakukan siswa Kelas VII-5 SMP Negeri 27 Medan saat menyelesaikan soal cerita matematika materi aritmetika sosial berdasarkan prosedur pemecahan masalah menurut Polya. Prosedur pemecahan masalah Polya memiliki empat tahapan indikator yaitu memahami masalah, menyusun rencana penyelesaian, melaksanakan rencana penyelesaian, dan memeriksa kembali jawaban. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian terdiri 8 siswa dari kelas VII-5 SMP Negeri 27 Medan. Objek penelitian ini adalah analisis kesalahan siswa SMP dalam menyelesaikan soal cerita matematika berdasarkan prosedur pemecahan masalah Polya. Teknik pengumpulan data berupa tes dan wawancara. Analisis data dilakukan dengan tiga langkah yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data dilakukan melalui triangulasi teknik. Bentuk soal tes yang diberikan adalah soal cerita berupa uraian sebanyak 3 soal. Dari hasil penelitian diperoleh siswa yang melakukan kesalahan terkait indikator memahami masalah sebesar 15,5%, indikator menyusun rencana penyelesaian sebesar 62,2%, indikator melaksanakan rencana penyelesaian sebesar 74,4% dan indikator memeriksa kembali sebesar 76,6%. Faktor penyebab siswa melakukan kesalahan yaitu (1) kesalahan memahami masalah yang disebabkan oleh tidak memahami maksud dari soal. (2) kesalahan menyusun rencana penyelesaian yang disebabkan oleh siswa tidak memahami maksud dari soal, kesalahan dalam menyusun langkah-langkah serta rumus penyelesaian soal. (3) kesalahan melaksanakan rencana penyelesaian disebabkan oleh siswa tidak memahami soal, kurang teliti saat proses perhitungan, kesulitan dalam operasi hitung dan waktu yang terbatas. (4) kesalahan memeriksa kembali disebabkan oleh karena adanya kesalahan pada tahapan sebelumnya dan siswa tidak terbiasa dalam menuliskan kesimpulan pada akhir jawaban.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Analisis Kesalahan Siswa, Soal Cerita Matematika, Prosedur Pemecahan Masalah Polya
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Q Science > QA Mathematics > QA299 Analysis
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 05 Feb 2025 06:51
Last Modified: 05 Feb 2025 06:51
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/59529

Actions (login required)

View Item
View Item