ANALISIS MISKONSEPSI SISWA PADA MATERI BILANGAN DESIMAL DENGAN METODE CERTAINTY OF RESPONSE INDEX (CRI) DI KELAS V SD

SINAGA, JULIUS (2024) ANALISIS MISKONSEPSI SISWA PADA MATERI BILANGAN DESIMAL DENGAN METODE CERTAINTY OF RESPONSE INDEX (CRI) DI KELAS V SD. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1203111077_Cover.pdf] Text
1203111077_Cover.pdf

Download (123kB)
[thumbnail of 1203111077_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
1203111077_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (442kB)
[thumbnail of 1203111077_Abstrak.pdf] Text
1203111077_Abstrak.pdf

Download (206kB)
[thumbnail of 1203111077_Kata_Pengantar.pdf] Text
1203111077_Kata_Pengantar.pdf

Download (263kB)
[thumbnail of 1203111077_Daftar_Isi.pdf] Text
1203111077_Daftar_Isi.pdf

Download (286kB)
[thumbnail of 1203111077_Daftar_Gambar.pdf] Text
1203111077_Daftar_Gambar.pdf

Download (143kB)
[thumbnail of 1203111077_Daftar_Tabel.pdf] Text
1203111077_Daftar_Tabel.pdf

Download (143kB)
[thumbnail of 1203111077_Daftar_Lampiran.pdf] Text
1203111077_Daftar_Lampiran.pdf

Download (143kB)
[thumbnail of 1203111077_BAB_I.pdf] Text
1203111077_BAB_I.pdf

Download (429kB)
[thumbnail of 1203111077_BAB_V.pdf] Text
1203111077_BAB_V.pdf

Download (169kB)
[thumbnail of 1203111077_Daftar_Pustaka.pdf] Text
1203111077_Daftar_Pustaka.pdf

Download (261kB)

Abstract

Pemahaman konsep matematika adalah fondasi utama untuk mengarahkan peserta
didik berpikir dalam menyelesaikan permasalahan matematika. Sering sekali terjadi
kesalahpahaman konsep pada siswa dalam memahami materi bilangan desimal
yang disebut miskonsepsi. Kesulitan yang dihadapi dalam pembelajaran
matematika pada materi bilangan desimal yaitu membandingkan nilai bilangan
desimal yang lebih besar dan lebih kecil, menghitung hasil dari penjumlahan dan
pengurangan bilangan desimal. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui jenis dan
gambaran miskonsepsi siswa pada materi bilangan desimal. Subjek penelitian ini
adalah siswa kelas V SD Swasta Islamiyah yang berjumlah 12 orang. Metode yang
digunakan dalam menganalisis miskonsepsi pada siswa ialah metode CRI.
Instrumen penelitian yang digunakan adalah instrumen tes berupa essay yang
berjumlah 10 dan pedoman wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 11
siswa yang menjadi subjek dalam penelitian ini mengalami miskonsepsi, namun
berbeda-beda jenis miskonsepsinya. Seorang siswa dapat mengalami lebih dari satu
jenis miskonsepsi. Terdapat 6 siswa atau 55% mengalami miskonsepsi perhitungan,
3 siswa atau 27% siswa mengalamin miskonsepsi sistematika, 5 siswa atau 45%
mengalami miskonsepsi interpretasi bahasa dan 4 siswa atau 36% siswa mengalami
miskonsepsi dasar. Adapun penyebab terjadinya miskonsepsi karena intuisi dan
pemahaman dasar siswa yang salah serta minat belajar matematika yang kurang
dari siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Miskonsepsi, Metode CRI, Bilangan Desimal.
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1101 Child study
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Muhammad Khomaini Wahyudi
Date Deposited: 21 Jul 2025 09:23
Last Modified: 21 Jul 2025 09:23
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/59527

Actions (login required)

View Item
View Item