PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK ELEKTRONIK (E-LKPD) MENGGUNAKAN SMART APPS CREATOR BERBASIS SAINTIFIK PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA MATERI PECAHAN KELAS V SD NEGERI 21 SIMBOLON PURBA

NADEAK, DARMAWATY ANDREANI (2024) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK ELEKTRONIK (E-LKPD) MENGGUNAKAN SMART APPS CREATOR BERBASIS SAINTIFIK PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA MATERI PECAHAN KELAS V SD NEGERI 21 SIMBOLON PURBA. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1193311109_Cover.pdf] Text
1193311109_Cover.pdf

Download (42kB)
[thumbnail of 1193311109_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
1193311109_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of 1193311109_Abstrak.pdf] Text
1193311109_Abstrak.pdf

Download (128kB)
[thumbnail of 1193311109_Kata_Pengantar.pdf] Text
1193311109_Kata_Pengantar.pdf

Download (174kB)
[thumbnail of 1193311109_Daftar_Isi.pdf] Text
1193311109_Daftar_Isi.pdf

Download (169kB)
[thumbnail of 1193311109_Daftar_Gambar.pdf] Text
1193311109_Daftar_Gambar.pdf

Download (118kB)
[thumbnail of 1193311109_Daftar_Tabel.pdf] Text
1193311109_Daftar_Tabel.pdf

Download (160kB)
[thumbnail of 1193311109_Daftar_Lampiran.pdf] Text
1193311109_Daftar_Lampiran.pdf

Download (86kB)
[thumbnail of 1193311109_BAB_I.pdf] Text
1193311109_BAB_I.pdf

Download (413kB)
[thumbnail of 1193311109_BAB_V.pdf] Text
1193311109_BAB_V.pdf

Download (139kB)
[thumbnail of 1193311109_Daftar_Pustaka.pdf] Text
1193311109_Daftar_Pustaka.pdf

Download (303kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan, kepraktisan dan keefektifan
Lembar Kerja Peserta Didik Elektronik (E-LKPD) menggunakan smart apps
creator berbasis saintifik pada pembelajaran matematika materi penjumlahan
pecahan di Kelas V SD Negeri 21 Simbolon Purba. Jenis penelitian ini adalah
Penelitian dan Pengembangan (Research and Development (R&D)) dengan model
pengembangan ADDIE. Model ADDIE terdiri dari lima tahap yaitu Analysis
(analisis), Design (perancangan), Development (pengembangan), Implementation
(implementasi) dan Evaluation (evaluasi). Subjek penelitian ini adalah dosen
validator ahli materi, dosen validator ahli media, guru pamong kelas V dan peserta
didik kelas V yang berjumlah 21 orang. Teknik analisis data yang digunakan adalah
analisis data kualitatif dan kuantitatif. Analisis kualitatif meliputi observasi,
wawancara, angket validasi materi, angket validasi, angket praktisi pendidik,
instrumen tes dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa
pengembangan LKPD elektronik menggunakan smart apps creator berbasis
saintifik memperoleh hasil validasi ahli materi mendapat jumlah skor 116 dengan
persentase sebesar 92% yang merupakan kategori “sangat layak” dan validasi ahli
media memperoleh jumlah skor 89 dengan persentase sebesar 89% yang merupakan
kategori “sangat layak”. Kepraktisan LKPD elektronik menggunakan smart apps
creator berbasis saintifik yang divalidasi oleh praktisi pendidikan yaitu wali kelas
mendapat jumlah skor 97 dengan persentase sebesar 97% yang merupakan kategori
“sangat praktis”. Hasil analisis data yang dilakukan diperoleh rata-rata nilai pretest
sebesar 44,28 dan rata-rata nilai posttest sebesar 84,52 dimana terjadi peningkatan
hasil belajar sebesar 40,26. Hasil uji keefektifan diperoleh nilai rata-rata N-gain
sebesar 0,7455 dengan persentase 74% dengan kategori tingkat keefektifan yang
tinggi dan termasuk dalam kategori yang efektif untuk digunakan. Berdasarkan
analisis tersebut, dapat disimpulkan bahwa LKPD elektronik menggunakan smart
apps creator berbasis saintifik pada pembelajaran matematika materi penjumlahan
pecahan sangat layak, sangat praktis dan efektif digunakan dalam pembelajaran
matematika.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: LKPD Elektronik, Smart Apps Creator, Saintifik, Penjumlahan Pecahan
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1101 Child study
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Muhammad Khomaini Wahyudi
Date Deposited: 21 Jul 2025 09:23
Last Modified: 21 Jul 2025 09:23
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/59514

Actions (login required)

View Item
View Item