NADEAK, DARMAWATY ANDREANI (2024) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK ELEKTRONIK (E-LKPD) MENGGUNAKAN SMART APPS CREATOR BERBASIS SAINTIFIK PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA MATERI PECAHAN KELAS V SD NEGERI 21 SIMBOLON PURBA. Undergraduate thesis, UNIMED.
1193311109_Cover.pdf
Download (42kB)
1193311109_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (2MB)
1193311109_Abstrak.pdf
Download (128kB)
1193311109_Kata_Pengantar.pdf
Download (174kB)
1193311109_Daftar_Isi.pdf
Download (169kB)
1193311109_Daftar_Tabel.pdf
Download (160kB)
1193311109_Daftar_Gambar.pdf
Download (118kB)
1193311109_Daftar_Lampiran.pdf
Download (86kB)
1193311109_BAB_I.pdf
Download (413kB)
1193311109_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
1193311109_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (943kB)
1193311109_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
1193311109_BAB_V.pdf
Download (139kB)
1193311109_Daftar_Pustaka.pdf
Download (303kB)
1193311109_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan, kepraktisan dan keefektifan
Lembar Kerja Peserta Didik Elektronik (E-LKPD) menggunakan smart apps
creator berbasis saintifik pada pembelajaran matematika materi penjumlahan
pecahan di Kelas V SD Negeri 21 Simbolon Purba. Jenis penelitian ini adalah
Penelitian dan Pengembangan (Research and Development (R&D)) dengan model
pengembangan ADDIE. Model ADDIE terdiri dari lima tahap yaitu Analysis
(analisis), Design (perancangan), Development (pengembangan), Implementation
(implementasi) dan Evaluation (evaluasi). Subjek penelitian ini adalah dosen
validator ahli materi, dosen validator ahli media, guru pamong kelas V dan peserta
didik kelas V yang berjumlah 21 orang. Teknik analisis data yang digunakan adalah
analisis data kualitatif dan kuantitatif. Analisis kualitatif meliputi observasi,
wawancara, angket validasi materi, angket validasi, angket praktisi pendidik,
instrumen tes dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa
pengembangan LKPD elektronik menggunakan smart apps creator berbasis
saintifik memperoleh hasil validasi ahli materi mendapat jumlah skor 116 dengan
persentase sebesar 92% yang merupakan kategori “sangat layak” dan validasi ahli
media memperoleh jumlah skor 89 dengan persentase sebesar 89% yang merupakan
kategori “sangat layak”. Kepraktisan LKPD elektronik menggunakan smart apps
creator berbasis saintifik yang divalidasi oleh praktisi pendidikan yaitu wali kelas
mendapat jumlah skor 97 dengan persentase sebesar 97% yang merupakan kategori
“sangat praktis”. Hasil analisis data yang dilakukan diperoleh rata-rata nilai pretest
sebesar 44,28 dan rata-rata nilai posttest sebesar 84,52 dimana terjadi peningkatan
hasil belajar sebesar 40,26. Hasil uji keefektifan diperoleh nilai rata-rata N-gain
sebesar 0,7455 dengan persentase 74% dengan kategori tingkat keefektifan yang
tinggi dan termasuk dalam kategori yang efektif untuk digunakan. Berdasarkan
analisis tersebut, dapat disimpulkan bahwa LKPD elektronik menggunakan smart
apps creator berbasis saintifik pada pembelajaran matematika materi penjumlahan
pecahan sangat layak, sangat praktis dan efektif digunakan dalam pembelajaran
matematika.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | LKPD Elektronik, Smart Apps Creator, Saintifik, Penjumlahan Pecahan |
| Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1101 Child study |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
| Depositing User: | Muhammad Khomaini Wahyudi |
| Date Deposited: | 21 Jul 2025 09:23 |
| Last Modified: | 29 Aug 2025 07:59 |
| URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/59514 |
