Perbedaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD dan TSTS Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas X SMA Swasta Sultan Iskandar Muda Medan

Waruwu, Novy Any (2024) Perbedaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD dan TSTS Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas X SMA Swasta Sultan Iskandar Muda Medan. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 4202411008_Cover.pdf] Text
4202411008_Cover.pdf

Download (25kB)
[thumbnail of 4202411008_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
4202411008_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (399kB)
[thumbnail of 4202411008_Abstrak.pdf] Text
4202411008_Abstrak.pdf

Download (89kB)
[thumbnail of 4202411008_Kata_Pengantar.pdf] Text
4202411008_Kata_Pengantar.pdf

Download (87kB)
[thumbnail of 4202411008_Daftar_Isi.pdf] Text
4202411008_Daftar_Isi.pdf

Download (31kB)
[thumbnail of 4202411008_BAB_I.pdf] Text
4202411008_BAB_I.pdf

Download (298kB)
[thumbnail of 4202411008_BAB_V.pdf] Text
4202411008_BAB_V.pdf

Download (75kB)
[thumbnail of 4202411008_Daftar_Pustaka.pdf] Text
4202411008_Daftar_Pustaka.pdf

Download (76kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi perbedaan hasil belajar matematika antara siswa yang diajar menggunakan dua model pembelajaran kooperatif yang berbeda yaitu Student Teams Achievement Division (STAD) dan Two Stay Two Stray (TSTS). Penelitian ini menggunakan metode quasi eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Dilaksanakan di SMA Swasta Sultan Iskandar Muda Medan, penelitian ini melibatkan dua kelas sampel yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Kelas X IPA 7 ditetapkan sebagai kelas Eksperimen I dengan penerapan model TSTS, sedangkan kelas X IPA 5 sebagai kelas Eksperimen II dengan penerapan model STAD. Data dikumpulkan melalui lembar observasi dan tes hasil belajar berupa soal uraian sebanyak 5 soal. Analisis data dilakukan menggunakan uji-t dengan teknik Independent Sample T-Test melalui aplikasi IBM SPSS 27. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata nilai kelas yang diajar dengan model TSTS adalah 81,00, sedangkan kelas dengan model STAD adalah 74,27. Uji hipotesis menunjukkan nilai �ℎ����� sebesar 3,128 dan ������ sebesar 1,672 dengan tingkat signifikansi 0,003 < 0,05, sehingga H0 ditolak dan Ha tidak dapat ditolak. Kesimpulannya, hasil belajar matematika siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe TSTS lebih tinggi dibandingkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Hasil Belajar Matematika, Student Teams Achievement Division (STAD), Two Stay Two Stray (TSTS)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 05 Feb 2025 03:22
Last Modified: 05 Feb 2025 03:22
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/59497

Actions (login required)

View Item
View Item