Pengembangan LKPD Berbasis RME (Realistic Mathematic Education) untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas VIII SMP pada Materi Lingkaran

Purba, Novieta Putri (2024) Pengembangan LKPD Berbasis RME (Realistic Mathematic Education) untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas VIII SMP pada Materi Lingkaran. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 4203111036_Cover.pdf] Text
4203111036_Cover.pdf

Download (39kB)
[thumbnail of 4203111036_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
4203111036_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (269kB)
[thumbnail of 4203111036_Abstrak.pdf] Text
4203111036_Abstrak.pdf

Download (12kB)
[thumbnail of 4203111036_Kata_Pengantar.pdf] Text
4203111036_Kata_Pengantar.pdf

Download (199kB)
[thumbnail of 4203111036_Daftar_Isi.pdf] Text
4203111036_Daftar_Isi.pdf

Download (27kB)
[thumbnail of 4203111036_BAB_I.pdf] Text
4203111036_BAB_I.pdf

Download (419kB)
[thumbnail of 4203111036_BAB_V.pdf] Text
4203111036_BAB_V.pdf

Download (94kB)
[thumbnail of 4203111036_Daftar_Pustaka.pdf] Text
4203111036_Daftar_Pustaka.pdf

Download (168kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan memperoleh Lembar Kerja Peserta Didik berbasis Realistic Mathematics Education (RME) yang valid, praktis dan efektif. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model penelitian yang digunakan adalah four-D dari Thiagarajan yang meliputi empat tahap yaitu tahap Define (pendefenisian), Design (perancangan), Develop (pengembangan) dan Disseminate (penyebaran). Subjek dalam penelitian ini adalah 30 orang peserta didik kelas VIII di SMP Negeri 11 Binjai. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran yang dikembangkan kriteria kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan yang baik. Hal ini diperoleh dari hasil analisis data lembar validitas dan pendapat validator, respon guru dan siswa serta hasil uji lapangan. Berdasarkan hasil uji lapangan, pengembangan LKPD berbasis Realistic Mathematic Education dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik menjadi lebih baik. Dari hasil tersebut, disarankan agar pembelajaran matematika di sekolah menggunakan pendekatan pembelajaran matematika realistik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Pengembangan LKPD, kemampuan pemecahan masalah, Realistic Mathematics Education
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Q Science > QA Mathematics > QA440 Geometry. Trigonometry. Topology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 05 Feb 2025 03:09
Last Modified: 05 Feb 2025 03:09
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/59495

Actions (login required)

View Item
View Item