Tambak, Tolip (2016) STUDI KOMPARATIF HASIL BELAJAR SISWA YANG DIAJARKAN DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL DAN PEMBELAJARAN KONVENSIONAL PADA MATA PELAJARAN ALAT UKUR PRESISI KELAS X TEKNIK PEMESINAN SMK NEGERI 5 MEDAN TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 5101121017. COVER.pdf - Published Version
Download (64kB) | Preview
2. NIM. 5101121017. APPROPAL SHEET.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
3. NIM. 5101121017. PREPACE.pdf - Published Version
Download (9kB) | Preview
4. NIM. 5101121017.ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (9kB) | Preview
5. NIM. 5101121017. TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (9kB) | Preview
6. NIM. 5101121017. TABLES.pdf - Published Version
Download (5kB) | Preview
7. NIM. 5101121017. ILLUSTRASION.pdf - Published Version
Download (3kB) | Preview
8. NIM. 5101121017. APPENDICES.pdf - Published Version
Download (4kB) | Preview
9. NIM. 5101121017. CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (21kB) | Preview
13. NIM. 5101121017. CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (7kB) | Preview
14. NIM. 5101121017. BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (7kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan hasil belajar siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran Kontekstual dan Pembelajaran konvensional pada mata pelajaran alat ukur presisi kelas X teknik pemesinan SMK Negeri 5 Medan tahun pelajaran 2015/2016. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas X program keahlian teknik pemesinan SMK Negeri 5 Medan. Pemilihan di dapat kelas X T.P 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas X T.P 2 sebagai kelas kontrol yang masing – masing kelas terdiri Kelas eksperimen 24 siswa dan kelas kontrol 25 siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah Time Series Desing dan Control Group Desing dengan desain Posttest-Only Control Design. Teknik pengumpulan data dijaring dengan menggunakan test objektif. Untuk menguji normalitas data digunakan uji kai kuadrat pada taraf signifikan (α) sebesar 5%. Uji normalitas posttest alat ukur presisi dengan model pembelajaran kontekstual diperoleh kai kuadrathitung (0.951) < kai kuadrattabel(11.070) pada kategori normal, uji normalitas posttest alat ukur presisi dengan pembelajaran konvensional diperoleh kai kuadrathitung(9.938) < kai kuadrattabel(11.070) pada ketegori normal. Uji homogenitas posttest kelompok sampel siswa alat ukur presisi dari kedua kelas Fhitung(1.07) < Ftabel(2.00) dimana seluruh varians adalah homogen. Sehingga dapat disimpulkan kelompok sampel siswa alat ukur presisi dari kedua kelas memiliki kesamaan varians (Homogen). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat perbandingan yang signifikan antara hasil belajar siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol pada pembelajaran alat ukur presisi. Hal ini dibuktikan dengan pengujian hipotesis yang dilakukan dengan cara uji t dua pihak dimana diperoleh thitung = 17.09 sedangkan ttabel = 2.03, thitung > ttabel berarti Ha diterima dan Ho ditolak. Jika terdapat perbandingan berarti terdapat pengaruh model pembelajaran kontekstual terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran alat ukur presisi. Oleh karena itu, perlu dilakukan sosialisasi penerapan model pembelajaran kontekstual pada guru SMK Negeri 5 Medan. guna mendukung hasil belajar siswa khususnya hasil belajar alat ukur presisi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 MSN 022 |
Keywords: | Pengaruh Model Pembelajaran Kontekstual; pembelajaran konvensional; Hasil Belajar. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics > TL500 Aeronautics. Aeronautical engineering |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 22 Jun 2016 06:25 |
Last Modified: | 22 Jun 2016 06:29 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/5949 |