PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN CROSSWORD PUZZLE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPAS KELAS IV SD

SYAHPUTRI, ADELA CHAIRANI (2024) PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN CROSSWORD PUZZLE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPAS KELAS IV SD. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1191111040_Cover.pdf] Text
1191111040_Cover.pdf

Download (229kB)
[thumbnail of 1191111040_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
1191111040_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 1191111040_Abstrak.pdf] Text
1191111040_Abstrak.pdf

Download (243kB)
[thumbnail of 1191111040_Kata_Pengantar.pdf] Text
1191111040_Kata_Pengantar.pdf

Download (374kB)
[thumbnail of 1191111040_Daftar_Isi.pdf] Text
1191111040_Daftar_Isi.pdf

Download (276kB)
[thumbnail of 1191111040_Daftar_Gambar.pdf] Text
1191111040_Daftar_Gambar.pdf

Download (278kB)
[thumbnail of 1191111040_Daftar_Tabel.pdf] Text
1191111040_Daftar_Tabel.pdf

Download (380kB)
[thumbnail of 1191111040_Daftar_Lampiran.pdf] Text
1191111040_Daftar_Lampiran.pdf

Download (214kB)
[thumbnail of 1191111040_BAB_I.pdf] Text
1191111040_BAB_I.pdf

Download (622kB)
[thumbnail of 1191111040_BAB_V.pdf] Text
1191111040_BAB_V.pdf

Download (245kB)
[thumbnail of 1191111040_Daftar_Pustaka.pdf] Text
1191111040_Daftar_Pustaka.pdf

Download (519kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil belajar siswa pada pembelajaran IPAS Kelas IV SD Negeri 107400 Bandar Khaliapah yang masih rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media pembelajaran Crossword Puzzle terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran IPAS Kelas IV SD Negeri 107400 Bandar Khaliapah. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Quasi Experiment. Desain penelitian ini adalah non-equivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV terdiri dari kelas IV-A dan IV-B di SD Negeri 107400 Bandar Khalipah. Teknik yang digunakan dalam pengambilan sampel adalah teknik total sampling dengan mengikutsertakan keseluruhan populasi yaitu kelas IV-A (kelas eksperimen I) dengan jumlah 20 siswa dan kelas IV-B (kelas eksperimen II) berjumlah 18 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah menggunakan tes dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan ke arah positif dari penggunaan media pembelajaran Crossword Puzzle dan gambar terhadap hasil belajar IPAS pada siswa kelas 1V SD Negeri 107400 Bandar Khalipah. Pada hasil uji hipotesis yang diperoleh dengan menggunakan uji-t dengan taraf signifikan 0,05 dengan membandingkan antara thitung dengan ttabel menunjukkan hasil thitung > ttabel yaitu 8,98497 > 2,042 artinya H0 ditolak dan Ha diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh media pembelajaran Crossword Puzzle dan gambar terhadap hasil belajar siswa pada kelas IV SD Negeri 107400 Bandar Khalipah T.A 2023/2024.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Crossword Puzzle, Hasil Belajar, IPAS
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1101 Child study
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Muhammad Khomaini Wahyudi
Date Deposited: 21 Jul 2025 09:29
Last Modified: 21 Jul 2025 09:29
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/59486

Actions (login required)

View Item
View Item