SYAHPUTRI, ADELA CHAIRANI (2024) PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN CROSSWORD PUZZLE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPAS KELAS IV SD. Undergraduate thesis, UNIMED.
![[thumbnail of 1191111040_Cover.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1191111040_Cover.pdf
Download (229kB)
![[thumbnail of 1191111040_Lembar_Pengesahan.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1191111040_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (1MB)
![[thumbnail of 1191111040_Abstrak.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1191111040_Abstrak.pdf
Download (243kB)
![[thumbnail of 1191111040_Kata_Pengantar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1191111040_Kata_Pengantar.pdf
Download (374kB)
![[thumbnail of 1191111040_Daftar_Isi.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1191111040_Daftar_Isi.pdf
Download (276kB)
![[thumbnail of 1191111040_Daftar_Gambar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1191111040_Daftar_Gambar.pdf
Download (278kB)
![[thumbnail of 1191111040_Daftar_Tabel.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1191111040_Daftar_Tabel.pdf
Download (380kB)
![[thumbnail of 1191111040_Daftar_Lampiran.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1191111040_Daftar_Lampiran.pdf
Download (214kB)
![[thumbnail of 1191111040_BAB_I.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1191111040_BAB_I.pdf
Download (622kB)
![[thumbnail of 1191111040_BAB_V.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1191111040_BAB_V.pdf
Download (245kB)
![[thumbnail of 1191111040_Daftar_Pustaka.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1191111040_Daftar_Pustaka.pdf
Download (519kB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil belajar siswa pada pembelajaran IPAS Kelas IV SD Negeri 107400 Bandar Khaliapah yang masih rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media pembelajaran Crossword Puzzle terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran IPAS Kelas IV SD Negeri 107400 Bandar Khaliapah. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Quasi Experiment. Desain penelitian ini adalah non-equivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV terdiri dari kelas IV-A dan IV-B di SD Negeri 107400 Bandar Khalipah. Teknik yang digunakan dalam pengambilan sampel adalah teknik total sampling dengan mengikutsertakan keseluruhan populasi yaitu kelas IV-A (kelas eksperimen I) dengan jumlah 20 siswa dan kelas IV-B (kelas eksperimen II) berjumlah 18 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah menggunakan tes dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan ke arah positif dari penggunaan media pembelajaran Crossword Puzzle dan gambar terhadap hasil belajar IPAS pada siswa kelas 1V SD Negeri 107400 Bandar Khalipah. Pada hasil uji hipotesis yang diperoleh dengan menggunakan uji-t dengan taraf signifikan 0,05 dengan membandingkan antara thitung dengan ttabel menunjukkan hasil thitung > ttabel yaitu 8,98497 > 2,042 artinya H0 ditolak dan Ha diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh media pembelajaran Crossword Puzzle dan gambar terhadap hasil belajar siswa pada kelas IV SD Negeri 107400 Bandar Khalipah T.A 2023/2024.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Crossword Puzzle, Hasil Belajar, IPAS |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1101 Child study |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Muhammad Khomaini Wahyudi |
Date Deposited: | 21 Jul 2025 09:29 |
Last Modified: | 21 Jul 2025 09:29 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/59486 |