Pengaruh Model Pembelajaran Case Based Learning Terhadap Kemampuan Menulis Teks Berita Siswa Kelas XI SMK Swasta YWKA Medan

Sihombing, Reggia Margaretha (2024) Pengaruh Model Pembelajaran Case Based Learning Terhadap Kemampuan Menulis Teks Berita Siswa Kelas XI SMK Swasta YWKA Medan. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 2183111049_Cover.pdf] Text
2183111049_Cover.pdf

Download (194kB)
[thumbnail of 2183111049_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
2183111049_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 2183111049_Kata_Pengantar.pdf] Text
2183111049_Kata_Pengantar.pdf

Download (176kB)
[thumbnail of 2183111049_Daftar_Isi.pdf] Text
2183111049_Daftar_Isi.pdf

Download (122kB)
[thumbnail of 2183111049_Daftar_Tabel.pdf] Text
2183111049_Daftar_Tabel.pdf

Download (86kB)
[thumbnail of 2183111049_Daftar_Lampiran.pdf] Text
2183111049_Daftar_Lampiran.pdf

Download (77kB)
[thumbnail of 2183111049_BAB_I.pdf] Text
2183111049_BAB_I.pdf

Download (380kB)
[thumbnail of 2183111049_BAB_V.pdf] Text
2183111049_BAB_V.pdf

Download (135kB)
[thumbnail of 2183111049_Daftar_Pustaka.pdf] Text
2183111049_Daftar_Pustaka.pdf

Download (142kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pengaruh model Case Based
Learning terhadap kemampuan menulis teks berita siswa kelas XI SMK Swasta
YWKA Medan tahun ajaran 2023/2024. Dalam penelitian ini peneliti
menggunakan metode kuasi eksperimen dengan desain penelitian one group pretest
post-test design, yaitu eksperimen yang dilaksanakan pada satu kelompok
saja, tanpa kelompok pembanding. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa ratarata
kemampuan menulis teks berita siswa kelas XI SMK Swasta YWKA Medan
tahun pelajaran 2023/2024 sebelum menggunakan model Case Based Learning
adalah 48,39 dengan kategori kurang. Sementara rata-rata kemampuan menulis
teks berita setelah menggunakan model Case Based Learning sebesar 77,47
dengan kategori baik. Sehingga dinyatakan ada pengaruh model Case Based
Learning terhadap kemampuan menulis teks berita siswa kelas XI SMK Swasta
YWKA Medan tahun ajaran 2023/2024.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Case Based Learning; Teks Berita; Penelitian Kuantitatif; Metode Kuasi Eksperimen; Pengaruh Model
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P101 Language. Linguistic theory. Comparative grammar
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z004 Books. Writing. Paleography > Z40 Writing
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Mrs Yuni Chairani
Date Deposited: 04 Feb 2025 08:52
Last Modified: 05 Feb 2025 01:30
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/59476

Actions (login required)

View Item
View Item